Sukses

Unik, Jagongan Seni Melalui Poetry Instrument di Unhasy

PBSI FIP Unhasy sengaja mengusung tema ini karena sastra untuk masyarakat dan sastra bukan untuk kelompok sosial tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari Jombang (Unhasy) menggelar Jagongan Seni #2 bertajuk “Retensi Instalasi Sastra dan Poetry Instrument,” berlansung pada hari Kamis (08/12) pukul 08.30 – 13.30 WIB di lantai dasar kampus B Unhasy.

PBSI FIP Unhasy sengaja mengusung tema ini karena sastra untuk masyarakat dan sastra bukan untuk kelompok sosial tertentu. Ghara Satya Amora, sebagai ketua panitia acara menuturkan “melalui retensi instalasi sastra, diharapkan teks sastra itu mempunyai value secara luas sekaligus nilai guna dalam kehidupannya.

Sastra selama ini sekedar tersaji berupa buku bacaan, dan dikomsumsi oleh golongan tertentu. Hadirnya acara ini sengaja menawarkan wajah baru, bagaimana karya sastra saja itu diinovasikan dengan berbagai varian sajian karena peserta yang datang juga dari berbagai kalangan lintas disiplin ilmu, mulai mahasiswa Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan jajaran guru,” ungkapnya disela kesibukannya event orasi sastra.

Selain Retensi Instalasi Sastra, serangkaian kegiatan diikuti oleh Poetry Instrument. Mahasiswa PBSI FIP Unhasy menampilkan pembacaan puisi diringi instrument atau sebaliknya serangkaian komposisi musik yang diiringi pembacaan puisi baik secara bersamaan atau bergantian. Turut hadir pula UKM Teater Mbureng, Poetry Instrument Fakultas Teknologi Informasi Unhasy, dan S’ketika Music Community Jombang mendukung sekaligus ikut memeriahkan acara ini.

Retensi Instalasi Sastra sebagai pembincang Aditya Ardi Nugroho, penulis kumpulan puisi “Mazmur dari Timur” dan dimoderatori oleh Afifatur Rohmah al-Faruqdan Muhammad Shobirin al-Aziz mahasiswa PBSI FIP Unhasy angkatan 2014.

Khoirul Anam, salah satu mahasiswa Sistem Informasi Unhasy mengungkapkan bahwa acara semacam ini sangat membantu kepada mahasiswa yang ingin menumbuhkan sekaligus mengembangkan kesenian. Di pihak lain, acara Jagongan Seni #2 sebagai strategi belajar banyak hal mengenai sastra secara luas dan bentuk puisi yang dibacakan atau dimusikalisasikan. Semoga ke depan acara serupa bisa dilaksanakan untuk mewadahi mahasiswa-mahasiswi Unhasy dan para seniman di Jombang.

Penulis:

Agus Sulton

(Dosen Seni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy’ari Jombang)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini