Sukses

Memukau, Seniman Mentranskrip Alquran ke Sutra Transparan

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelukis dan artis dekoratif dari Azerbaijan, Tunzale Memmedzade, mendapat penghargaan internasional atas karya terbarunya. Perempuan berkerudung ini mentranskrip Alquran ke halaman sutra transparan.

Kerja kerasnya itu menghabiskan waktu tiga tahun hingga menghasilkan Alquran dari lembaran sutra hitam transparan. Wanita berusia 33 tahun tersebut menggunakan 50 meter sutra hitam transparan, 1.500 milimeter emas, serta tinta perak untuk menyelesaikan proyeknya itu.

Berdasarkan laporan Hala Pakistan, dia mentranskrip Alquran dari versi resmi yang dirilis Diyanet, Kantor Kepresidenan Turki Urusan Agama pada lembaran sutra berukuran 29 x 33 cm.

Tunzale mengatakan, ia mendapat ide itu setelah mengetahui bahwa meski selama berabad-abad kitab suci umat Islam ini telah ditranskripkan ke berbagai macam bahan, sutra belum pernah digunakan. Inilah yang menjadi motivasinya menyelesaikan proyek tersebut.

Sebelum mengerjakan proyeknya, Tunzale telah berkonsultasi terlebih dahulu dan diberi tahu bahwa mentranskrip Alquran ke atas sutra tidak melanggar hukum agama. Ia sendiri menuntut ilmu sejarah seni di Universitas Marmara, Turki.

"Alhamdulillah, aku senang proyekku akhirnya selesai. Ini jadi yang pertama di dunia," ujar dia.

Kaligrafi merupakan ekspresi seni besar di dunia Islam yang telah berkembang selama berabad-abad.

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini