Sukses

Tingkatkan Kualitas SDM, RZ Dirikan Sekolah Kreatif

Kreativitas masyarakat menjadi salah satu hal yang dapat memajukan perekonomian

Liputan6.com, Jakarta Relawan Inspirasi RZ (Rumah Zakat), Hartono Kuswanoto mendirikan Sekolah Kreatif untuk meningkatkan kualitas SDM di Desa Selokarto Kec. Pecalungan Kabupaten Batang Propinsi Jawa Tengah. Sekolah Kreatif merupakan sekolah yang ditujukan untuk berbagai kalangan di Selokarto. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk mereka yang sudah dewasa.

"Kreativitas masyarakat menjadi salah satu hal yang dapat memajukan perekonomiannya. Maka saya mencoba untuk mendirikan Sekolah Kreatif. Meskipun saat itu banyak yang pesimis dan tidak yakin bahwa program ini akan bisa memperbaiki kondisi masyarakat," ungkap Hartono, Jumat (9/12).

Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat sekitar mulai melihat hasil dari Sekolah Kreatif. Sekolah Kreatif yang didirikan pada bulan Februari 2016 tersebut mulai mendapatkan dukungan, baik dari masyarakat maupun aparat pemerintahan.

Sekolah Kreatif Rumah Zakat

Sekolah Kreatif yang didirikan Hartono menyediakan kelas komputer, matematika, dan Bahasa Inggris bagi anak-anak. Selain itu, diberikan kelas kesenian tradisional khas Jawa Tengah bagi laki-laki dewasa, serta kelas parenting, tausiyah, memasak, dan juga pembinaan bagi perempuan dewasa.

“Dulu saya adalah satu-satunya anak di desa ini yang bisa mengenyam pendidikan hingga SMA dan berlanjut ke Perguruan Tinggi. Sementara teman-teman seangkatan saya hanya sampai SD dan SMP. Dengan mengajar di Sekolah Kreatif ini saya berharap masyarakat di Desa Selokarto semakin berkembang dan semakin peduli akan pendidikan," kata Alif, guru komputer Sekolah Kreatif Selokarto.

Titin Edeh Wantini

@titinwantini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini