Sukses

Berusia 120 Tahun dan Masih Perjaka, Apa Rahasia Pria Ini?

Pria tua ini mengaku kalau menghindari seks merupakan salah satu rahasianya berumur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berusia 120 tahun mengklaim rahasia umur panjangnya karena menjauhi hasrat seksual. Berdasarkan catatan sipil, Swami Sivananda lahir pada 8 Agustus 1896. Ia percaya, ia adalah manusia tertua kedua setelah Mbah Gotho dari Sragen.

Swami lahir di sebuah keluarga yang sangat miskin. Meski lahir di kota Kolkata, India, ia telah tinggal di kota Varanasi sepanjang hidupnya.

Selama hidupnya, pria tua ini jarang sekali sakit. Ia memberi tahu kalau rahasia umur panjangnya adalah yoga, makanan tanpa rempah-rempah, dan menghindari seks.

"Disiplin adalah hal paling penting dalam kehidupan. Kontrol atas kebutuhan seks adalah yang terberat dalam hidup," ujar Swami seperti dilansir dari Mirror, Jumat (09/12/2016).

mirror 

Pria yang tampak lebih muda dari usia 120 ini mengatakan bahwa meski waktu telah berubah, ia masih seperti yang dulu. Ia tidak pernah mengubah gaya hidupnya dari dulu hingga kini.

"Karena saya lahir dalam kemiskinan, saya tidak pernah memiliki permintaan besar selama hidup," ujar dia.

"Saat ini orang-orang tidak bahagia, tidak sehat, dan tidak jujur. Tidak heran mereka gampang sakit."

Swami mengaku tidak pernah tidur di tempat tidur atau menggunakan bantal dalam hidupnya. Ia tidur di lantai dengan tikar dan batu bata sebagai bantal.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.