Sukses

Gamelan, Jadi Sarana Terapi Narapidana di Inggris

Liputan6.com, Jakarta Gamelan tak hanya populer di Indonesia. Keindahan bunyi dan virbrasi yang dihasilkan dari alat musik pukul ini juga memukau publik Inggris. "Gamelan merupakan alat yang tepat untuk membantu narapidana untuk mengembangkan keterampilan," kata Katherine Haigh, direktur eksekutif badan amal Good Vibrations di Inggris sebagimana dikutip dari laman BBC. Badan amal Good Vibration memiliki perhatian tentang penggunaan gamelan sebagai media terapi.

Katherine mengatakan, gamelan memerlukan kerja tim dan sangat tepat untuk membantu mereka yang ia sebutkan dalam "kondisi sulit".

Media BBC menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir, Good Vibrations, melakukan pelatihan kepada lebih dari 4.000 narapidana di puluhan lembaga pemasyarakatan di Inggris.

Katherine sendiri belajar gamelan di Universitas York pada 1998 karena menurutnya gamelan sangat menarik dan juga sesuatu yang baru. 

"Saya bergabung dengan grup gamelan karena sangat menarik dan merupakan sesuatu yang baru. Saya juga suka dengan pendekatan yang kurang formal. Bermain gamelan juga merupakan cara bagus untuk berteman dan mengembangkan daya ingat, dan dua itu penting bagi saya," ia menambahkan.

"Dari gamelan, saya bisa mempelajari cerita-cerita tradisional melalui wayang kulit," sambungnya. Simak bagaimana terapi menggunakan gamelan di Inggris dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Unik, Pria Ini Habiskan Waktu 40 Tahun Rawat Iguana. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Anak-Anak PAUD Maplima Belajar Berhitung Gunakan Batu dan Kayu
Artikel Selanjutnya
Mengintip Uniknya Gaya Belajar Anak-Anak PAUD Maplima Wamena