Sukses

Terungkap, Bayam Bisa Deteksi Bom ke Smartphone Kamu

Bayam yang selama ini kita jadikan bahan makanan ternyata bisa mengirimkan sinyal pendeteksi bom ke smartphone milik kamu?

Liputan6.com, Jakarta Apa sih yang ada di benak kamu ketika mendengar kata bayam? Jenis sayuran? Tapi bagaimana kalau bayam yang selama ini kita jadikan bahan makanan itu ternyata bisa mengirimkan sinyal pendeteksi bom ke smartphone milik kamu? 

Beberapa insinyur lulusan MIT (Massachusetts Institute of Technology) berhasil mengubah tanaman bayam menjadi mesin pelacak bom. Lebih hebatnya lagi, hasil pendeteksian bom dikirimkan melalui sinyal wireless (tanpa kabel) dari sayuran bayam. Kok bisa ya? Berikut penjelasannya.

Pertama, mereka menempelkan carbon nanotubes pada daun bayam. Apa itu carbon nanotubes? Semacam komposisi senyawa karbon gitu lah, yang berbentuk tabung dan berukuran nano. Nah, carbon nanotubes yang diduetkan dengan daun bayam ini punya kelebihan, yaitu bisa mendeteksi nitroaromatics (bahan kimia yang sering digunakan untuk membuat bom). Dari carbon nanotubes ini juga, nantinya sinyal peringatan akan dikirimkan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.