Sukses

Ini Khasiat Hebat Asam Jawa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Asam jawa dengan nama latin Tamarindus indica L merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh pada iklim tropis. Secara klasifiklasi ilmiahnya tanaman ini berada pada kingdom plantae. Jenis tanaman berbuah polong ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Batangnya cukup keras dan daunnya rindang.

 

Di Indonesia tanaman ini buahnya biasanya digunakan sebagai bumbu masak dan tidak jarang juga digunakan sebagai bahan minuman untuk jamu.

Buah asam sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulit bijinya juga mengandung phlobatannin, dan bijinya mengandung albuminoid. Berikut ini adalah khasiat asam jawa

1. Demam

Jika anggota keluarga anda ada yang demam, maka jangan terburu-buru pergi ke dokter dan diberikan obat kimia, cobalah cara ini yaitu dengan rebusan dari satu genggam daun asam jawa dan adas. Saring rebusan, dan minumlah dua kali, pagi dan sore.

2. Asma

Membuat ramuan untuk mengobati asma yaitu dengan dua potong kulit batang asam jawa dan adas. Kemudian rebuslah menggunakan dua gelas air sampai mendidih. Saring airnya kemudian diminum dua kali sehari.

3. Batuk Kering

Ambillah buah asam jawa sebanyak tiga polong dan setengah genggam daun saga. Rebus keduanya menggunakan empat gelas air hingga tinggal setengahnya. Saring airnya dan minumlah dua kali sehari setiap pagi dan sore.

4. Sakit perut

Ambillah tiga polong buah asam jawa yang sudah masak dicamour dengan kapur sirih dan minyak kayu putih. Dicampur merata dan digunakan sebagai obat gosok di perut. Jika menginginkan ramuan diminum, seduh tiga polong buah asam jawa dengan satu potong gula aren dan minumlah secukupnya.

5. Bisul

Ambillah daging buah asam yang sudah matang, direndam dalam satu gelas air hingga mengembang, lima iris temulawak, gula aren sebagai pemanis. Semua bahan direbus hingga airnya tinggal setengah kemudian minumlah sehati sekali sampai sembuh. Sedangkan untuk obat yang di tempelkan. Ambillah asam jawa sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan campuran tersebut sampai sembuh.

6. Lancarkan buang air besar (BAB)

Ambillah buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Bersihkan dan seduh menggunakan air matang, tambahkan gula merah. Minumlah secara teratur sampai sembuh.

7. Gatal pada bekas luka yang sudah kering

Ambillah asam jawa yang sudah diseduh dengan air matang. Kemudian asam jawa digosokkan ke bekas luka yang gatal. Cara lain, satu sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan kemudian ditempel ke bekas luka yang gatal.

Penulis

Aditia Galih Purnama

Ilmu komunikasi Universitas Diponegoro

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Kulit Biji Alpukat Ternyata Ampuh Obati Sakit Jantung dan Kanker
Artikel Selanjutnya
Manjurnya Khasiat Bunga Kenanga Hijau Obati Kanker Payudara