Sukses

5 Universitas Terbaik di Jepang Ini Jadi Incaran Para Siswa

Sistem pendidikan di Jepang memang salah satu yang terbaik di Asia bahkan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pendidikan di Jepang memang salah satu yang terbaik di Asia bahkan di dunia. Beberapa universitasnya menduduki peringkat Top 100 World Universities.

 

Bidang ilmu paling bonafit yang ditawarkan universitas di Jepang tentunya yang berkaitan dengan Engineering. Faktor-faktor tadi membuat Jepang selalu masuk ke dalam daftar tujuan calon mahasiswa dari luar Jepang untuk belajar ke sana, baik itu sarjana maupun pascasarjana.

1. The University of Tokyo

The University of Tokyo atau disingkat Todai adalah sebuah universitas riset yang terletak di Bunkyo, Tokyo, Jepang. Universitas ini memiliki 10 fakultas dengan total sekitar 30.000 mahasiswa, 2.100 di antaranya adalah mahasiswa asing. Lima kampus berada di Hongō, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Universitas ini adalah yang pertama dari tujuh universitas nasional Jepang dan dianggap sebagai universitas paling bergengsi di Jepang.

2. Osaka University

Osaka juga merupakan salah satu kota terbesar di Jepang. Universitas Osaka menduduki peringkat ke-43 di dunia. Program studi unggulannya antara lain: hukum, sains, teknik, dan pendidikan dokter.

3. Kyoto University

Kyoto University (京都大学) atau biasa disebut dengan Kyoto Daigaku (KyoDai) sudah berdiri semenjak tahun 1897 dengan nama Kyoto Imperial University. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Kyoto.

Kota Kyoto sendiri terkenal sebagai pusat kota budaya dan adat istiadat. Di sana banyak sekali museum pengetahuan, tempat bersejarah, maupun pariwisata yang menjadi incaran para traveler dari domestik maupun mancanegara. Selain itu, kota Kyoto dikenal sebagai kota pelajar yang sangat tenang nan tenteram. Kyoto tak ubahnya Yogyakarta atau Solonya Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hokkaido University

4. Hokkaido University

Universitas Hokkaido merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Jepang. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Hokkaido yang merupakan pulau paling utara di Jepang. Dan jika kamu penggemar dari film-film Jepang, Hokkaido merupakan salah satu tempat shooting terfavorit untuk film romantis di Jepang.

Universitas Hokkaido ini terdiri dari ‘Kampus Sapporo’ yang merupakan kampus utama, dan ‘Kampus Hakadote’ yang merupakan kampus di mana Fakultas Perikanannya berada.

5. Waseda University

Waseda University (早稲田大学) adalah salah satu universitas papan atas di Jepang tempat lahirnya tujuh Perdana Menteri jempolan. Para alumnusnya pun diketahui tersebar di berbagai bidang pada seluruh penjuru dunia.

Meski berstatus universitas swasta, namun popularitas dan kualitas kurikulumnya tak perlu kita ragukan lagi. Universitas ini memiliki banyak alumni terkemuka di Jepang, diantaranya tujuh perdana menteri Jepang dan banyak CEO, termasuk Tadashi Yanai, CEO Uniqlo dan orang terkaya di Jepang.

Pengirim

Dzuhria Wahyu Pratiwi

Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini