Sukses

3 Masalah Utama Startup Versi Joh Juda

Dari ketiga masalah diatas penyebabnya hanya satu hal yakni komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta Joh Juda seorang Head Of Digital Analys PT.Generasi Digital Internasional (GDILab) berbagi tips bagaimana cara merintis starups di Indonesia. Saat dijumpai dalam acara Fridaytalk liputan6.com (09/12), Juda mengatakan permasalahan utama dalam membangun bisnis starup adalah kerja sama tim, validasi ide, dan juga speed.

Seperti halnya sebuah pohon yang tumbuh abila terdapat akar, masalahpun tak akan timbul apabila tidak ada sebabnya. Lantas bagaimana cara mencabut masalah tersebut hingga akarnya?

Juda mengatakan, dari ketiga masalah diatas penyebabnya hanya satu hal yakni komunikasi. Menurutnya, sebuah tim dapat bekerja sama dengan baik apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi tersebut berjalan seperti semestinya.

Begitu juga dengan masalah validasi ide dan speed. Kedua hal yang saling berkaitan tersebut, memiliki akar permasalahan yang sama. “Ide itu murah. Eksekusinya yang mahal”, katanya.

Seorang yang memiliki ide cemerlang sekalipun apabila tidak dapat mengkomunikasikan idenya dengan baik, dia akan bergerak lebih lamban dan pengaruh terhadap speed.

“Bisa saja yang lain punya ide lebih bagus, karena ide kan gampang”, lanjutnya. Maraknya persaingan bisnis yang ada saat ini, sebuah pergerakan yang lamban dalam merintis usaha, tentu menjadi penghalang bagi startup untuk berkembang.

Juda menambahkan, di era modern seperti sekarang ini komunikasi dapat dilakukan dari manapun termaksud sosial media. Sosial media memiliki sejuta manfaat yang dapat digunakan. Itu adalah salah satu alasan mengapa sosial media sangat penting bagi perkembangan startups.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini