Sukses

Olahraga Menantang di Gunung Ini Bisa Usir Stres

Banyak cara yang lebih efektif untuk menghilangkan stres tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang lebih efektif untuk menghilangkan stres tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. Selain, menjaga pola makan dan istrirahat yang cukup, aktifitas olahraga ternyata bisa menjadi alternatif dalam mengusir stres.

Salah satu olahraga yang menjadi pilihan favorit, ialah olahraga outdoor dengan mengayuh sepeda onthel di puncak bukit maupun di pegunungan (offroad Adventure).

Olahraga ini tentu dapat memacu adrenaline dan terbilang cocok untuk menghilangkan stres. Terlebih jika dilakukan di puncak Gunung Bromo dengan ketinggian 2770 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas sepeda gunung asal Kota Surabaya, Bangun Sari Sepeda Onthel (Bassel). Setiap akhir pekan mereka punya cara tersendiri untuk menghilangkan stres, akibat rutinitas kerja padat yang dilakoninya selama hampir seminggu.

Olahraga Menantang di Gunung Ini Bisa Usir Stres

"Untuk hidup sehat itu tidak perlu mahal, cukup dengan olahraga saja bisa menghilangkan sStres. Contohnya seperti kami setiap stres langsung tancap sepeda di pegunungan, "Ujar Eko Ratmono, Goweser yang juga Pegawai Koperasi.

Masih menurut Eko, mengayuh sepeda di gunung itu sensasinya luar biasa dan berbeda dengan bersepeda di jalan raya. Hal itulah yang membuat dirinya dan teman sekomunitasnya, memilih rute pegunungan sebagai medan yang ampuh mengusir stres ketimbang di jalan raya.

"Serunya itu ketika mengayuh naik di ketinggian dan menahan rem saat turun di jalan yang curam. Nah, di situlah kekesalan, kejenuhan dan segala masalah yang mengganggu pikiran bisa di lampiaskan dengan berteriak sepuas-puasnya, "terangnya"

Olahraga semacam ini membuat tangan, kaki dan perut pecinta off-road adventure ikut bekerja. Sebab, dibutuhkan banyak otot dan energi dalam mengayuh sepeda. Sehingga tubuh pun jadi segar dan bugar secara keseluruhan.

Selain itu, diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian jika mencoba olahraga outdoor ini. Sebab, tidak sedikit rintangan yang bakal dilewati dengan segala resikonya. Namun, dibalik resiko itu Goweser justru akan dimanjakan dengan pemandangan indah di sekitar Pegunungan.

Olahraga Menantang di Gunung Ini Bisa Usir Stres

"Karena banyak medan yang ekstrem ya harus waspada dan hati-hati. Tapi, dijamin puas karena bisa menikmati keindahan panorama ladang perkebunan, perkampungan, lautan pasir, bebatuan terjal hingga sungai yang jernih, "Pungkas Eko Ratmono.

Pemandangan yang begitu indah akan membuat anda lupa rasa lelah dalam mengayuh sepeda. Jika anda penasaran dan ingin mengusir stres dengan mencoba sensasi oOlahraga yang satu ini, pastikan spesifikasi sepeda anda layak digunakan untuk Offroad Adventure, kemudian lengkapi alat keamanan tubuh seperti helm, kaca mata, deker dan sarung tangan, serta siapkan kondisi fisik anda dalam keadaan prima.

Penulis:

Angga purwancara

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.