Sukses

Mahasiswa Peternakan UNG Gorontalo Kembangkan Telur Rendah Lemak

Jurusan Peternakan Universitas Negeri Gorontalo kembangkan telur omega 3 yang rendah lemak.

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Telur memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun menjadi asupan penuh gizi, telur dapat memicu sejumlah jenis penyakit karena terdapat kandungan lemak yang tinggi.

Dilansir dari laman ung.ac.id, melalui program Ipteks bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK), Dosen Jurusan Peternakan Universitas Negeri Gorontalo, Syafrianto Dako, S.Pt, M.Si, mencoba mengembangkan telur Omega 3 yang rendah lemak dengan kandungan asam lemak tidak jenuh serta baik untuk kesehatan.

"Asam lemak omega 3 memiliki ciri khas tersendiri yang dibutuhkan tubuh, dengan mengurangi terjadi penyakit kolestrol. Karena dengan metabolisme lemak yang baik di tubuh, akan menghasilkan lemak jahat (LDL) yang memetabolisme lemak menjadi energi," ujar Syafrianto.

Saat memberi pakan ayam dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Foto: Humas UNG Gorontalo

Pembuatan telur Omega 3 dilakukan melalui proses manipulasi dalam pakan ternak ayam secara alami tanpa menggunakan zat kimia. Bahan pakan dasar yang digunakan untuk meningkatkan omega 3, yaitu rumput laut merah, limbah ikan tuna serta dedak halus. Setelah itu, dicampur sejumlah bahan lain seperti jagung kuning, bungkil kedelai dan mineral.

Menurut Syafrianto, selain untuk mengurangi kolesterol tubuh, mengkonsumsi telur omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah diabetes, membuat mata lebih awas, meningkatkan kemampuan belajar serta meningkatkan kekebalan tubuh. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: 10 Kejadian Kebetulan di Dunia yang Super Aneh & Bikin Merinding. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

Penulis

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.