Sukses

Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Protes Fotonya Jadi Meme Guyon

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita yang fotonya dijadikan meme ejekan karena fisiknya mendapat ribuan dukungan dari warganet untuk berhenti berbagi gambar tersebut.

Lizzie Velasquez adalah pembicara motivasi terkenal. Ia dilahirkan dengan kondisi langka yang membuat tubuhnya tak mampu menyimpan lemak.

Tubuhnya pun terlihat kurus kering, meski sebenarnya dia sehat. Namun, meski fisiknya tidak secantik model, ia bangga dan percaya diri dengan dirinya.

Akan tetapi, meme terbaru yang beredar belakangan ini di media sosial cukup menyakitkan hatinya. Dalam meme tersebut, terlihat foto dirinya di balik pohon dengan kalimat yang kejam.

Maksud dari meme itu sendiri berarti seseorang yang tak sesuai dengan pandangan masyarakat tentang definisi cantik. Bukannya marah-marah di media sosial, Lizzie justru mengunggah foto tersebut di akun Instagramnya beserta kalimat yang lapang dada.

"Saya menulis caption di foto ini bukan sebagai seorang korban, tapi sebagai seseorang yang menggunakan suara mereka. Tidak peduli seperti apa kita terlihat atau fisik kita, pada akhirnya kita semua adalah manusia."

Foto tersebut telah disukai lebih dari 30 ribu kali dan dikomentari lebih dari 3 ribu kali. Semua komentar bernada sama: memberikan dukungan, motivasi, dan semangat pada Lizzie. Foto yang ia unggah di Instagram itu juga telah dibagikan ribuan kali di Facebook dan Instagram.

"Saya meminta Anda tetap ingat bahwa saat Anda melihat meme dengan seseorang yang tidak dikenal di dalamnya, mungkin Anda merasa lucu. Tapi tidak dengan orang yang di dalam foto tersebut," tulis Lizzie di laman Facebook-nya.

"Saya mengetik ini sudah larut malam, tapi saya melakukannya sebagai pengingat bahwa orang-orang yang tak bersalah yang fotonya dijadikan meme tidak menyadari dirinya jadi bahan ejekan sampai ia melihat fotonya di mana-mana."

 

Sometimes you just have to pose like no one is watching 😉

A photo posted by Lizzie Velasquez (@littlelizziev) on

 

Beberapa halaman Facebook tampaknya bertanggung jawab karena menciptakan dan berbagai meme yang tedapat foto Lizzie di dalamnya. Namun setelah menerima ribuan laporan keberatan dari orang-orang yang mendukung Lizzie, foto tersebut telah dihapus dari Facebook.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.