Sukses

9 Tindakan yang Berpotensi Membahayakan Payudara

Payudara adalah bagian yang paling menarik dari tubuh wanita

Liputan6.com, Jakarta Payudara adalah bagian yang paling menarik dari tubuh wanita, tetapi juga organ yang sensitif. Maka dari itu para wanita perlu merawat payudara dengan teratur untuk menghindari risiko kanker payudara, kendur, dan terkena infeksi.

Jadi, jika Anda ingin merawat payudara hindari melakukan hal berikut: 

1. Berbaring

Menurut The Health Site, tidur berbaring dapat menyebabkan tekanan dan dalam jangka panjang dapat mengubah bentuk payudara. Menurut penelitian dalam jurnal Elsevier (Belanda), ligamen di dada jika peregangan perut Anda selama berjam-jam dapat mengubah struktur internal.

2. Perubahan bentuk bra

Setelah beberapa pencucian, elastisitas bra cenderung berkurang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung, dada, dan leher.

3. Mencukur di daerah puting

Ini adalah daerah sensitif, jadi jika mencukur di daerah ini dapat menyebabkan iritasi kulit, peradangan, dan infeksi.

4. Pilih bra yang tidak pas

"Double Gunung" dapat menyakiti jika Anda memakai bra terlalu ketat atau terlalu lebar. kemeja terlalu ketat akan menekan dada sehingga sulit untuk melancarkan peredaran darah dan menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara itu, bra yang terlalu besar pun akan membuat daerah dada kendur.

5. Mengenakan tindikan puting

Hal ini dapat menyebabkan infeksi, perdarahan, kerusakan saraf, kista payudara, dan reaksi alergi lainnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Dermatology (USA), puting yang ditindik secara teratur juga dapat menyebabkan infeksi, hepatitis B, dan C.

6. Tarik puting

Banyak wanita hamil sering menjorok puting ke dalam atau ke luar dengan tujuan agar bayi dapat menyusui dengan mudah. Namun, sebuah penelitian di jurnal Laktasi Clinical (AS) menunjukkan bahwa tarik puting selama kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit dan membawa banyak perasaan aneh, rasa tidak nyaman di tubuh.

7. Jangan melepas bra saat tidur

Kenakan bra untuk tidur dapat mengurangi aliran darah, kemacetan getah bening, menjengkelkan, bahkan menyebabkan edema (retensi air) di dada.

8. Tato dada

Tinta yang digunakan dalam tato mungkin mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga menyebabkan kanker kulit. Menurut Dr. DJ Tula, konsultan bedah dokter di Rumah Sakit BLK di Delhi (India), peralatan yang digunakan untuk tato dapat meningkatkan risiko penularan virus melalui darah, seperti HIV, hepatitis B, dan C jika darah orang yang terinfeksi pada mereka.

9. Implan payudara

Jika tidak puas dengan ukuran atau model payudara Anda sehingga ingin melakukan implan payudara, sebaiknya pikirkan lagi. Hal ini dapat menyebabkan banyak efek berbahaya, seperti infeksi, alergi, dan bahkan kanker.

Penulis:

Eka Nurjanah/Politeknik Negeri Jakarta

@Ekanurjanah626

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini