Sukses

Carica, Buah Ajaib Kaya Manfaat dari Dataran Tinggi Dieng

Liputan6.com, Jakarta - Carica itu apa sih? Mungkin kalian jarang mendengar nama buah yang satu ini. Jika dilihat, buah ini adalah versi mini dari buah pepaya. Buah carica ini banyak ditemukan di daerah dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Meskipun kecil, buah carica ini menyimpan banyak manfaat, tak salah kalau buah ini disebut buah Para Dewa oleh warga Dieng. Yuk simak apa saja manfaat dari buah ini!

1. Kaya akan serat

Manfaat utama dari buah ini adalah melancarkan BAB atau buang air besar. Untuk kalian yang sering mengalami gangguan pencernaan, buah ini dapat kalian konsumsi secara rutin setelah diolah

2. Menetralkan asam lambung

Enzim papain yang terkandung dalam buah ini mampu membunuh bakteri dalam usus dan menjaga keseimbangan asam lambung

3. Untuk menjaga kesehatan mata

Sebagian besar orang akan mengkonsumsi wortel untuk menaga kesehatan matanya, namun siapa sangka jika buah carica memiliki kandungan vitamin A yang lebih besar daripada wortel. Untuk kalian yang tidak terlalu menyukai wortel, buah carica ini dapat kalian jadikan alternatif untuk dikonsumsi.

4. Menambah energi

Vitamin B kompleks yang terdapat pada buah carica ini mempu membantu proses metabolisme tubuh dan menghasilkan energi yang besar. Energi yang besar ini bisa membuat kamu merasa kenyang, jadi berbagai olahan buah ini dapat kamu bawa jika kamu menempuh perjalanan yang jauh

5. Mempercantik kulit

Kandungan vitamin C pada carica ini mampu membentuk kolagen yang berfungsi untuk menghindari penuaan dini dan menjadikan kulit lebih mulus dan jauh dari kerutan-kerutan wajah.

6. Mencegah kanker

Buah carica juga mengandung zat agrinin, dimana zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

7. Dapat dijadikan berbagai bentuk olahan

Meskipun enak dan segar, jangan sekali-kali mengkonsumsi buah carica secara langsung, karena dapat menyebabkan rasa gatal disekiar bibir dan mulut. Di Dieng sendiri, buah carica telah dijadikan berbagai bentuk olahan seperti manisan, sirup, dan dodol.

Itulah berbagai manfaat dari buah mungil carica. Tentunya setelah mengetahui manfaatnya kalian akan tertarik untuk berkunjung ke Dieng dan mencoba olahan buah caricanya.

Pengirim:

Lulut Lusianukita

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6