Sukses

Warga Ciseel Gembira, Berkat Donasi Jembatan Impian Jadi Nyata

Sudah banyak orang yang menjadi korban akibat jatuh dari Jembatan Ciseel.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Wakaf Indonesia bersama para donatur yang disebut muwakif (pemberi wakaf) membangun Jembatan Ciseel yang terletak di Desa Ciparay Kec. Cidolog Kab. Ciamis Jawa Barat. Pembangunan dilaksanakan sejak Juli 2016, dan kini jembatan tersebut sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

Sebelumnya kondisi Jembatan Ciseel yang sudah berumur 46 tahun tersebut sudah tidak layak untuk digunakan. Setiap hari jembatan itu dilalui hingga 1000 orang, baik yang berjalan kaki maupun pengendara motor. "Sudah banyak orang yang menjadi korban akibat jatuh dari Jembatan Ciseel. Bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Oleh karena itu jembatan Ciseel harus dibangun kembali," ungkap Direktur Rumah Wakaf, Soleh dalam peluncuran Jembatan Ciseel, Senin (19/12).

Pendirian Jembatan Ciseel ini mendapat sambutan yang baik dari warga. Jembatan ini merupakan akses jalan untuk anak-anak sekolah, ke puskesmas dan akses perekonomian untuk masyarakat Kampung Lintung Pucung dan Kampung Lingga Sari. "Alhamdulillah sekarang nggak usah takut lagi kalau mau nyebrang jembatan," ungkap Ipah (40), salah satu warga Kampung Lintung Pucung.

Jembatan Ciseel adalah jembatan kelima yang dibangun oleh Rumah Wakaf bersama para donatur. Sebelumnya Rumah Wakaf telah membangun Jembatan di Cigawir Garut, Citamiang Cianjur, Naringgul Cianjur, dan Cisentul Lebak Banten.

"Berdasarkan survei yang kami lakukan, masih banyak jembatan yang perlu untuk dibangun ulang. Sebab jembatan yang sudah tidak layak pakai itu sangat berbahaya bagi keselamatan penggunanya. Mudah-mudahan tahun ini Rumah Wakat bisa membangun 10 jembatan yang ada di Jawa Barat dan sekitarnya," ungkap Soleh.

Penulis:

Titin Edeh Wantini

@titinwantini

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.