Sukses

Pembatas Jalan Model Ini Mampu Selamatkan Banyak Nyawa

Liputan6.com, Jakarta - Nyawa manusia tak ternilai harganya. Karena itu banyak orang di dunia terus mencari cara untuk menyelamatkan nyawa orang lain dengan kreativitas mereka. Sama seperti pencipta hambatan di sisi jalan berikut ini.

Biasanya, pembatas jalan yang dipasang untuk mencegah mobil keluar dari jalur terbuat dari logam. Akan tetapi, ada kekurangan dari pembatas yang satu ini.

Jika mobil menghantam hambatan logam tersebut, akibatnya bisa serius. Lain cerita jika hambatan tersebut dipasang rol plastik seperti dalam video di bawah ini.

 

Di Indonesia, hambatan yang seperti dalam video di atas mungkin masih jarang kita temukan. Namun, di beberapa negara, sudah diterapkan.

Perusahaan Korea Selatan, ETI, mengembangkan pembatas jalan yang khusus dirancang untuk menyelematkan nyawa orang. Pembatas ini juga mengurangi kemungkinan pengemudi maupun penumpang untuk terluka.

Rol plastik dipasang di antara sela logam penghalang. Tujuannya, untuk meredam hantaman saat mobil menabrak pembatas jalan.

Ketika mobil menabrak pembatas jalan, bagian logam akan menyerap kekuatan hantaman mobil. Selanjutnya, rol dari plastik akan berputar dan memastikan mobil tidak terbalik dan pada saat yang sama mengurangi potensi kerusakan dari mobil.

Nah, semoga saja di Indonesia semakin banyak yang memasang pembatas jalan seperti itu ya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Selamatkan Hewan Saat Banjir, Pria Ini Tuai Simpati Warganet
Artikel Selanjutnya
Usai Kejar-kejaran, Mobil Sedan Tercebur di Kolam Bunderan HI