Sukses

Mengungkap Cara Kerja Sang Pawang Hujan

Pawang hujan disebut-sebut menjadi sosok kunci suksesnya 'pengendalian cuaca'. Bagaimana cara mereka bekerja?

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, jasa pawang hujan menjadi tumpuan penyelenggara acara untuk mengendalikan cuaca. Telah menjadi rahasia umum bahwa panitia acara luar ruangan, mulai dari konser hingga penyelenggara rekreasi perusahaan biasanya menganggarkan biaya menyewa pawang hujan. Diluar perdebatan ilmiah dan tidaknya cara kerja yang digunakan, pawang hujan menjadi sosok yang hadir di tengah penyelenggaraan acara.

"Tiap pawang akan melakukan survei lokasi. Apakah sedang musim hujan atau enggak. Pawang yang profesional selalu menggeser hujan ke arah laut," kata Mbah Bejo kepada Edhie Prayitno Ige dari Liputan6.com beberapa waktu lalu di Semarang, Jawa Tengah. Lelaki bernama asli Nuryanto, adalah pawang hujan yang 'bertugas' saat pelantikan 17 kepala daerah di Jawa Tengah dilantik di lapangan Pancasila Simpanglima, Semarang, hari Rabu (17/2/2016) silam.

Apakah tugas Mbah Bejo berhasil? Mbah Bejo kemudian mengajak Liputan6.com memperhatikan beberapa hari terakhir sebelum perhelatan. Ia mengklaim sudah bekerja menurunkan hujan sejak beberapa hari sebelumnya. Ini karena waktunya bersamaan dengan musim hujan dan perayaan Cap Go Meh.

"Dua tiga hari terakhir hujan sangat lebat, kan? Itu agar awan tidak terlalu tebal dan seandainya harus menahan, proses menahan hujan menjadi lebih ringan," kata Mbah Bejo.

Lain di Semarang, lain pula di Depok, Jawa Barat. Aryo Hanindyojati menjadi pawang hujan yang bertugas 'mengamankan' cuaca saat gelaran salah satu festival musik tertua di Indonesia, Jazz Goes To Campus.

Hujan lebat yang turun satu jam sebelum acara perlahan-lahan reda setelah Aryo Hanindyojati memerangkap langit ke dalam sebuah mangkok bergambar ayam jago. Bagiamana bisa, langit mendung diperangkap di sebuah mangkok? Simak blog keren dari @dhitakoesno di Forum Liputan6 tentang profesi pawang hujan dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Bikin Penasaran Dunia, 6 Misteri dari Indonesia. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini