Sukses

Melestarikan Budaya Lewat Tari

Delvia Yosa Amanda membentuk sebuah komunitas tari di jurusannya, Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ).

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari kesukaannya di dunia seni tari. Mahasiswa jurusan Jurnalistik UIN SGD Bandung, Delvia Yosa Amanda membentuk sebuah komunitas tari di jurusannya, Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ). STMJ terbentuk pada Oktober 2015 lalu.

Ia bercerita, sebelum terbentuknya STMJ ia merasa kesal karena tidak ada komunitas tari di jurusannya. “Mengapa seni tari nggak ada, sementara seni lain ada dalam bidang seni BEM ini,” keluhnya.

Akhirnya perempuan yang akrab disapa Oca pun berinisiatif mengumpulkan teman-temannya untuk bergabung di komunitas tari. Dirinya meyakini bahwa mahasiswa-mahasiswa khususnya jurusan Jurnalistik berbakat dalam hal kesenian.

“Oca yakin yang hobi tari banyak,” kata mahasiswa semester tiga itu.

Oca merasa senang ketika mendapat respons positif dan antusias teman-temannya untuk bergabung di komunitas tari. Perjuangan Oca dan teman-temannya pun tak semanis yang dibayangkan. Berbagai hambatan pun dialaminya, seperti tidak mendapat tempat latihan dan susahnya menentukan jadwal latihan, mengingat jam perkuliahan berbeda-beda.

Tak hanya itu, karena teman-teman yang bergabung tidak semua memiliki basic menari, ia pun harus mengajarkan gerak tari dari awal. Jenis tari yang ia dan teman-teman geluti pun lebih kepada tari tradisi dan klasik.

“Mahasiswa Jurnalistik berasal dari banyak daerah, jadi tari yang disajikan jenisnya tari plural,” tambahnya.

Beberapa tarian-tarian yang sudah digarap di antaranya, tari upacara adat, tari pasambahan, tari bergurau dare, tari rampak kendang, dan tari kontemporer. Menurut Oca, saat ini masih menampilkan tariannya di acara internal jurusan Jurnalistik. Lebih lanjut ia mengatakan, pada akhir tahun ini ia bersama teman-temannya akan tampil di luar kampus pertama kalinya, yaitu di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) dalam acara Festival Akhir Tahun.

 

Penulis :

Ibnu Fauzi 

Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini