Sukses

Jus Arang, Tren Minuman Sehat 2017?

Setelah granola dan biji chia, jus arang disebut-sebut bakal menjadi minuman populer tahun 2017.

Liputan6.com, New York - Bersiaplah untuk mencicipi minuman yang akan menjadi trend di 2017: jus arang. Disebut-sebut, jus arang akan menggantikan granola dan biji chia. Dua jenis jus yang menjadi bintang makanan sehat dan banyak dicari oleh konsumen sepanjang 2016.

Jus arang bukanlah minuman yang benar-benar baru. Pada 2015, sejumlah pesohor dunia memuji jus arang setelah mencicipnya. "Ini jus pembersih terbaik," ujar pesohor asal Inggris, Gwyneth Paltrow seperti dikutip dari laman NY Times.

Annie Atkinson, seorang blogger Amerika Serikat bahkan menyebutkan konsumsi jus arang membuat kulitnya sehat dan cerah. "Benar-benar mempengaruhi kulitku," ujarnya.

Setelah rentang waktu sejak 2015, arang aktif mulai menjadi bahan sejumlah menu di beberapa restoran. Tak hanya menjadi jus, arang aktif tersaji dengan berbagai bentuk. Mulai dari minuman, puding hingga dibuat menjadi campuran hidangan pencuci mulut seperti es krim.

Lalu, apa yang membuat arang aktif menjadi menu sajian di kafe dan rumah makan ternama? Apakah manfaatnya untuk tubuh benar-benar terbukti secara medis? 

Sejumlah ahli menyampaikan pendapatnya. Dilansir dari laman Bloomberg, Dorit Jaffe dari Whole Healthy Glow mengatakan bahwa arang aktif menjadi pilihan bahan yang baik untuk tubuh. Agar mulut tak merasai teksturnya, arang aktif berbentuk bubuk dapat dimasukkan dalam makanan. Jaffe mengatakan, tidak peduli diet apa pun yang sedang Anda ikuti arang dapat berfungsi dengan baik.

arang dapat diminum dengan campuran sayuran dan buah. Foto: STACK

Namun, tak semua manfaat arang aktif sudah ada bukti ilmiah yang kuat. Jurnal kesehatan Natural misalnya, menuliskan arang aktif hanya berfungsi mengatasi keracunan, diare dan gatal-gatal saja. Tak sembarang arang dapat digunakan untuk mengatasi keracunan. Hanya arang aktif memiliki grade yang baik, yakni A untuk keracunan, dan B untuk diare dan gatal-gatal.

Tak hanya penelitian di jurnal medis, James Kerr dari Rumah Sakit Queen Alexandra, Portsmouth, Inggris, mengingatkan bahwa konsumsi arang aktif saat sedang dalam pengobatan sangatlah berbahaya. Yuk, ikuti diskusi tentang jus arang di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer:Terungkap, Ini Ukuran Penis Pria yang Ideal Menurut Wanita. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.