Sukses

Memasuki Masa Pemulihan, Relawan Bangun Infrastruktur di Aceh

Pembangunan yang akan dilakukan meliputi pembangunan masjid, pendirian 2 sekolah darurat, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca gempa yang terjadi pada Rabu, (7/12) lalu, RZ (Rumah Zakat) tengah mempersiapkan pembangunan insfrastruktur di Pidie Jaya, Aceh. Pembangunan yang akan dilakukan meliputi pembangunan masjid, pendirian 2 sekolah darurat, membangun sarana sanitasi berupa alat filtrasi air sekaligus merenovasi MCK di Masjid Baiturrahman Gampong dan Masjid Peudeuk. Ini merupakan hasil sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank BJB dan Baznas Provinsi Jawa Barat.

“Setelah selesai masa tanggap darurat pada 21 Desember 2016, kami mulai fokus membantu proses recovery di sini. Saat ini kami mulai mempersiapkan pembangunan Masjid Darul Ihsan di Gampong Deuyah Teumanah,” ujar Izzatul Yazid, Koordinator Lapangan Aksi Peduli Bencana Gempa Aceh, Jumat (30/12).

Yazid menambahkan, sebelumnya Masjid Darul Ihsan sedang dalam proses pembangunan dan sudah selesai 75%. Namun, gempa yang terjadi 3 pekan lalu telah membuat masjid tersebut rata dengan tanah. Padahal, biaya pembangunan masjid merupakan hasil patungan warga Deuyah Teumanah, di mana setiap warga menabung Rp1.000 setiap harinya.

Sejak Rabu (7/12) hingga Rabu (28/12), RZ telah memobilisasi 83 relawan yang bertugas dalam proses evakuasi, distribusi logistik, operasional dan medis untuk aksi peduli bencana Gempa Aceh. Tak hanya itu, RZ pun mendatangkan 3 ambulance dan 1 mobil klinik keliling, mendirikan 4 dapur umum yang telah menyediakan 66.000 porsi makanan, pos layanan kesehatan yang berhasil melayani 1754 warga, pos segar yang melayani 1600 relawan dan petugas, sekolah senyum yang diikuti 400 anak, layanan trauma healing untuk 165 anak, serta mendistribusikan 3000 bantuan logistik di 4 titik pengungsian.

“Terima kasih kepada semua donatur yang telah bersinergi bersama RZ dalam aksi peduli bencana di Aceh selama masa tanggap darurat. Semoga kita bisa terus bersinergi untuk membantu proses recovery Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya,” ujar Nur Efendi, CEO RZ.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini