Sukses

Keren, Jalan Raya di Perancis jadi Sumber Tenaga Listrik

Dengan kemajuan teknologi, jalan raya di Perancis menjadi sumber tenaga listrik. Bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Jalan raya memudahkan mobilisasi orang-orang. Antar kota antar daerah dapat dihubungkan dengan jalan raya. Seperti yang kita ketahui, jalan raya adalah sarana untuk melaju kendaraan dan sebagai jalan penghubung, tapi di Perancis, jalan raya juga digunakan sebagai pembangkit listrik loh!

Perancis telah meresmikan jalan raya umum untuk pembangkit listrik. Jalan yang terletak di desa Tourouvre-au-Perch di Normandia sepanjang 1 kilometer ini diklaim pertama kali di dunia ini menghabiskan biaya pembuatan sebesar USD 5,2 juta atau sekitar Rp 69,8 miliar.

Jalanan ini disebut sebagai "Wattway", yang dibangun oleh perusahaan Colas. Wattway ditutupi 2.800 meter persegi panel yang dimanfaatkan untuk menyerap tenaga matahari agar menghasilkan listrik. Dan diperkirakan, jalanan ini dilalui kurang lebih 2.000 pengemudi setiap hari. Tujuan utamanya adalah untuk menerangi jalan di desa yang dihuni 3.400 penduduk itu.

Selengkapnya, baca langsung di http://infoberitaunikterbaru.blogspot.com/2016/12/keren-tak-hanya-untuk-menghubungkan.html

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini