Sukses

Tips Menulis dari Dewi Lestari

Penulis Dewi Lestari berbagi tips menulis untuk pemula yang ingin menjadi penulis novel.

Liputan6.com, Jakarta Nama Dewi Lestari tak asing bagi penggemar novel Indonesia. Nama Dewi Lestari lekat dengan serial novel Supernova, yang telah rampung hingga seri keenam. Di tahun ini, Dewi 'Dee' Lestari meluncurkan Supernova 6: Intelegensi Embun Pagi pada Februari 2016.

Meskipun telah merampungkan banyak novel, Dewi Lestari tak pelit berbagi tips untuk para pemula yang ingin mengikuti jejaknya sebagai penulis.

"Harus berani memulai," kata Dewi sebagaimana dikutip dari laman Antara.

Dee, panggilan akrabnya, menganalogikan menulis dengan berenang. "Harus berani memulai," ujarnya.

Menurutnya, menulis pun sebaiknya dilakukan tanpa beban." Jangan sampai punya ekspektasi berlebihan seperti harus jadi buku terlaris," lanjutnya. Baginya menulis seperti berenang yang menjadi bagan dari olahraga. Tidak ada hasil instan.

Setelah 15 tahun, akhirnya Dee menyelesaikan seri Supernova dengan merilis Intelegensi Embun Pagi

Ia mengingatkan, menulis seperti sebuah perjalanan panjang. Meskiputn begitu, baginya menulis bisa jadi profesi yang digeluti dalam jangka waktu panjang.

Bagi Dee, menulis adalah hal yang paling nyaman."Ketika saya menulis, kebetulan saya menulis fiksi, saya selalu berusaha membuat fiksi yang sememikat mungkin. Yang bisa menarik pembaca," kata Dee. Simak bagaimana Dewi Lestari menungakan ide menulisnya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Enam Lagu Lawas Indonesia yang Populer di Uni Soviet. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.