Sukses

Cantik dan Pintar, Rafia Qaseem Pilih Jadi Penjinak Bom

Rafia Qaseem, wanita Pakistan ini memilih pekerjaan yang mengancam hidupnya sebagai penjinak bom.

Liputan6.com, Islamabad - Apa yang akan Anda lakukan bila memiliki dua gelar sarjana magister? Pilihan pertama, mungkin menjadi profesi sebagai karyawan dengan gaji tinggi. Pilihan kedua, menjadi dosen atau pengajar.

Namun, bagi Rafia Qaseem Baig memiliki dua gelar magister tak lantas menjadi karyawan atau dosen. Bergelar magister di bidang Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Ekonomi, Rafia memiliki pekerjaan yang tak bisa sebagai penjinak bom.

Dilansir dari laman media Pakistan Parhlo, Rafia Qaseem Baig menjadi wanita pertama yang menjadi anggota tim penjinak bom.Sebelumnya, ia menjadi anggota kepolisian Pakistan. Pofesi sebagi polisi dijalani Rafia selama tujuh tahun sebelum memutuskan menjadi penjinak bom.

Bukan pekerjaan yang mudah, tentunya. Di tengah konflik dengan negara tetangga dan organisasi teroris yang rajin menebar ancaman, teror menggunakan bom menjadi sesuatu yagn sering terjadi di Pakistan.

Rafia Qaseem Baig, penjinak bom pertama di Pakistan sedang berlatih di Nowshera's School of Explosive Handling, Pakistan.

Kini, Rafia tengah menyelesaikan pelatihan dasar penanganan bom selama 15 hari bersama 31 anggota polisi pria lainnya di Nowshera's School of Explosive Handling. Dia akan bertugas di Bomb Disposal Unit (BDU) Kepolisian Pakistan.

Simak kelanjutan artikel dan tayangan video tentang wanita pertama yang bertugas sebagai penjinak bom di Pakistan dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Wow, Ini Enam Hal Aneh yang Ditemukan Pramugari Saat Bertugas. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.