Sukses

Pengguna Commuter Line pada Libur Tahun Baru 2017 Melonjak Tajam

PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mencatat kenaikan pengguna KRL pada Liburan Tahun Baru 2017.

Liputan6.com, Jakarta Mengawali tahun 2017 dan masih dalam suasana masa liburan, terpantau sejumlah stasiun KRL dipadati oleh pengguna jasa. Stasiun yang cukup padat antara lain adalah Stasiun Jakarta Kota dan Bogor.

PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mencatat, pada Minggu (1/1/2017) kemarin jumlah penumpang Stasiun Jakarta Kota tercatat 67.935 atau naik 150 persen dibandingkan hari libur normal yaitu 26.557 pengguna. Sedangkan untuk Stasiun Bogor meningkat 71 persen ke angka 64.249 dari yang biasanya 37.464 penumpang per hari pada sabtu/minggu biasa.

"Secara keseluruhan jumlah pengguna jasa KRL pada 1 Januari 2017 lalu tercatat mencapai 792.594 sedangkan pada hari libur biasa pengguna hanya berkisar 600 ribu sampai 630 ribu perhari atau meningkat sekitar 30 persen," kata Eva Chairunisa, VP Corporate Communications PT KCJ melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Mengingat pada musim libur cukup banyak pengguna yang memakai tiket harian maka untuk fasilitas pelayanan transaksi tiket, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mengoperasikan sebanyak unit perangkat loket sementara (POS Mobile) sebagai loket tambahan," lanjutnya.

Perangkat loket sementara ditempatkan di sejumlah stasiun yang saat ini dipadati penumpang seperti Bogor (4 unit), Jakarta Kota (5 unit), Manggarai (2 unit), Tebet (2 unit), Juanda (2 unit) dan Bekasi (2 unit). Selain perangkat transaksi tiket, sejumlah petugas seperti pelayanan, kebersihan dan pengamanan juga ditambah hingga 2 kali lipat pada stasiun yang padat pengguna.

"PT KCJ mengimbau bagi para penumpang yang ingin lebih praktis dalam menggunakan KRL pada musim libur ini untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Dengan menggunakan KMT, pengguna dapat langsung menuju gate dan tidak perlu antre di loket setiap akan melakukan perjalanan selama saldo pada KMT mencukupi," terang Eva.

Sementara, bagi calon penumpang yang masih ingin menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) diimbau agar menggunakan THB Pergi Pulang (THB PP) untuk menghindari antre di stasiun tujuannya saat akan menggunakan kereta kembali untuk perjalanan pulang. THB PP akan mempermudah para calon penumpang dalam melakukan perjalanannya, karena hanya perlu melakukan satu kali transaksi pergi-pulang di loket stasiun keberangkatan dengan relasi yang sama.

"Selain itu PT KCJ juga menghimbau para pengguna untuk tetap menjaga keselamatan diri dan putra putrinya, serta selalu memperhatikan barang bawaannya," pungkasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Pria Ethiopia Rela Minum Darah Sapi Agar Terlihat Gendut & Seksi. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Penulis:

Feny Sasmitha - Politeknik Negeri Jakarta

Febri Seftian Ramadhan N - Universitas Bung Karno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini