Sukses

Mengapa Lebih Banyak Orang Mati pada Tanggal 1 Januari?

Untuk menentukan penelitian tersebut, para peneliti memeriksa sertifikat kematian yang dikeluarkan selama 25 periode di tahun

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti tahu kematian adalah akhir dari kehidupan. Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati secara permanen, baik karena penyebab alami seperti penyakit atau karena penyebab tidak diketahui seperti kecelakaan. Tapi siapa sangka jika kematian datangnya dari sebuah tanggal?

Terlepas dari kenyataan, bahwa kebanyakan orang menghabiskan waktu pada tanggal 1 Januari dengan bersenang-senang. Karena pada tanggal itu kita semua dihebohkan dengan euforia pergantian tahun.

Dailymail baru-baru ini memberitakan tentang sebuah studi yang dilakukan University of California, penelitian itu mengungkapkan bahwa pada tanggal 1 Januari adalah hari yang membahayakan.

Hal itu karena, University of California telah mengumpulkan data dan menemukan lonjakan kematian selama dua minggu ini, terhitung pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Untuk menentukan penelitian tersebut, para peneliti memeriksa sertifikat kematian yang dikeluarkan selama 25 periode di tahun ini di Amerika Serikat. Banyak penelitian telah menemukan peningkatan kematian tersebut diantaranya, menyakiti diri sendiri, pembunuhan, dan kecelakaan.

Oleh karena itu studi menyelidiki dan menemukan kecenderungan yang signifikan, yaitu 5%  lebih banyak orang  yang meninggal pada tanggal 1 Januari.
Sementara, fakta ini juga tidak hanya didasari dengan data, ada juga alasan yang menyatakan mengapa hal ini terjadi.

“Pola ini muncul disetiap penyebab yang kita tidak ketahui, seperti kecelakaan mobil dari tahun ke tahun. Sangat sulit untuk memahami, mengapa hal ini bisa terjadi, ini bukan misteri tetapi memang fakta,” ujar David Phillips salah satu peneliti.

Sedangkan dari kesimpulan penelitian ini dikatakan bahwa jika memang Anda merasa tidak sehat pada tanggal Tahun Baru atau tanggal 1 Januari, mungkin sebaiknya Anda berdiam diri di rumah, jangan memaksakan apa yang memang harus dilaksanakan. Terkadang itu bisa menjadi hal yang sangat fatal bagi Anda.
 
Penulis:

Wenti Ayu Apsari

Politeknik Negeri  Jakarta

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini