Sukses

Dokter Sukses Sambung Tangan Pasien Usai Potongannya Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemuda di China mengalami kecelakaan parah di tempat kerjanya. Kecelakaan itu membuat lengan pria bernama Xiao Wei remuk dan terputus. Xiao Wei dipastikan akan kehilangan tangan untuk selamanya.

Namun, anggapan itu segera ditepis tim dokter di Changsha Hospital, Provinsi Hunan, China. Mereka punya cara untuk menyambung lengan Xiao Wei asalkan potongan lengan Xiao Wei segera ditemukan.


Benar saja, setelah salah seorang teman Xiao Wei membawa potongan tangan itu ke rumah sakit, dokter langsung melakukan operasi untuk menyambungkan tangan itu kembali.

Dilansir Shanghaist, praktik penyambungan itu umum dikenal dengan microsurgery. Tim dokter menempel potongan tangan Xiao Wei ke kaki. Tujuannya untuk menopang pembuluh darah terlebih dahulu.

Pasalnya selain terputus, lengan Xiao Wei juga mengalami cedera yang parah. Tim dokter harus merekontruksi lengan sebelum menempelkan tangan yang terputus itu.

"Selain mengalami cedera, tangannya juga tergencet. Kami harus merawat luka dan memulihkan tangan tersebut sebelum melakukan operasi penyambungan tangan," ungkap salah satu tim dokter.

Meski terdengar aneh, kemajuan di bidang medis itu rupanya membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kini Xiao Wei masih menjalani perawatan. Tim dokter optimistis mereka dapat mengembalikan lengan Xiao Wei seperti semula.

Agaknya dokter di China memang memiliki keahlian andal di bidang microsurgery. Belum lama ini para dokter sukses melakukan rekonstruksi organ hidung Xiaolian (22) yang rusak akibat infeksi pascakecelakaan lalu lintas dengan prosedural serupa, yakni "membuat" hidung baru di jidat Xiaolian.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Anggap Sepele Sembelit, Gadis Dikejutkan dengan Pernyataan Dokter
Artikel Selanjutnya
Idap Tumor Ganas, Dokter Tak Mau Operasi Mata Bocah Ini