Sukses

Unik, 6 Kota dan Tempat Miliki Nama Terpanjang Di Dunia

Kota dan tempat di berbagai belahan dunia memiliki deretan nama yang sulit untuk diucapkan.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun William Shakespeare mengungkapkan apakah arti sebuah nama, namun tak berarti menghilangkan makan dan keingingan dibalik sebuah nama. Terlebih untuk sebuah kota, yang dibangun sebagai tempat pemukiman manusia.

Di dunia, terdapat sejumlah kota yang diberi nama sangat panjang. Menurut penelitian, nama kota dan tempat dipilih dengan nama panjang agar dengan nama yang panjang itu akan berkah dan ada dalam lindungan Tuhan, dijauhkan dari marabahaya.

1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit

Merupakan nama lengkap kota Bangkok, Thailand. Dikutip dari Wikipedia, arti dan silsilah nama tersebut artinya "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".

Sekolah-sekolah lokal di Bangkok mengajarkan anak-anak nama lengkap kota ini, meskipun hanya sedikit yang dapat menjelaskan artinya karena banyak dari kata-katanya yang kuno dan kini tidak dipakai lagi dalam bahasa lisan, juga tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Kebanyakan orang Thailand yang mengingat kembali nama lengkap kota ini akibat dari penggunaan nama tersebut dalam sebuah lagu pop populer Krung Thep Mahanakhon (1989) oleh Asanee-Wasan Chotikul dan sering disebutkan sambil menyanyikan lagu ini pada saat yang bersamaan, sama seperti penutur Bahasa Inggris yang mungkin menyanyikan lagu alfabet ketika mengulang huruf-huruf Bahasa Inggris. 

Simak deretan nama kota dan tempat dengan nama terpanjang di dunia lainnya di blog keren yang ditulis Najwa Aulia di Forum Liputan6 dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Wow, Ini Enam Hal Aneh yang Ditemukan Pramugari Saat Bertugas. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini