Sukses

Rumah Sakit Manfaatkan Anjing untuk Pemulihan Pasien Kanker

Anjing, binatang setia itu kini ternyata bisa membantu pemulihan para pengidap kanker.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu rumah sakit di Brazil memiliki acara unik untuk membantu mempercepat pemulihan pasien kanker. Caranya dengan menghadirkan hewan peliharaan anjing untuk memberikan dukungan emosional serta membantu pasien pulih secara mental.

Program unik tersebut sudah berlaku sejak bulan Mei 2016 lalu. 

Kenapa harus hewan peliharaan anjing yang dipilih untuk membantu proses pemulihan? Bukan hanya karena sifat setianya pada manusia, melainkan juga karena faktor pengawasan infeksi.

Setiap minggunya, setiap pasien akan didatangi anjing. Keberadaan hewan tersebut membawa dampak positif yang sangat besar. Tidak hanya pasien saja yang terhibur, tetapi keluarga pasien pun ikut tertawa melihat tingkah lucu yang menggemaskan hewan tersebut.

Pasien akan membelai, memeluk di tempat tidur. Bukan hanya itu, pasien juga dapat berjalan di lingkungan rumah sakit bersama anjing.

Sekitar 60 relawan membawa anjing peliharaan mereka ke rumah sakit setiap minggunya. Hewan peliharaan yang digunakan bukanlah sembarang anjing. Ia pun harus melewati training, masa pemeriksaan kesehatan yang komprehensif, dan menjalani semua proses pelatihan sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Anjing yang berperilaku lembut dengan manusialah yang dipilih.

“Berterima kasihlah kepada anjing karena kehadirannya kondisi pasien dapat membaik dan orang-orang pun ikut merasakan perubahan baik tentang kehidupan dan kesehatan Anda,” pungkas salah satu relawan, Paola.

Penulis:

Eka Nurjanah/Politeknik Negeri Jakarta @Ekanurjanah626

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini