Sukses

Mobil Torium, Dapat Melaju 100 Tahun Tanpa Isi Ulang Bahan Bakar

Dengan torium, mobil ini tak perlu mengisi bahan bakar selama lebih dari 100 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan bernama Laser Power Systems telah datang dengan konsep yang luar biasa untuk mobil bertenaga torium. Mereka mengklaim mobil-mobil yang menggunakan torium tak perlu mengisi bahan bakar selama lebih dari 100 tahun.

Torium adalah satu di antara beberapa materi terpadat di planet kita. Dinamakan mirip dengan Thor karena kekuatannya, satu bagian kecil torium dapat menghasilkan 20 juta kali lebih banyak energi dibanding batubara dengan ukuran yang sama.

Dengan kemampuannya yang menakjubkan, tidak diragukan lagi torium dapat menjadi sumber energi baru yang ideal. Sayangnya, bagaimanapun mesin torium tidak akan digunakan pada mobil dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan oleh CEO Laser Power Systems, Dr. Charles Stevens.

"Mobil bukanlah minat utama kami. Para pembuat mobil tidak ingin membelinya," kata Stevens seperti dilansir dari Livetheorganicdream, Jumat (06/01/2017).

Menurut Stevens, masih tingginya kepentingan besar dalam bisnis bahan bakar fosil serta kurangnya minat dari produsen mobil adalah kendala membuat mobil bertenaga torium. Padahal, torium memiliki rentang penggunaan yang panjang dan jumlah energi yang dihasilkan olehnya luar biasa.

Stevens menyatakan kalau turbin torium kecil dapat digunakan sebagai alternatif untuk penghasil daya yang murah. Torium juga bisa digunakan di tempat-tempat yang sangat terpencil dan di wilayah dunia yang tidak memiliki listrik.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini