Sukses

7 Penemuan Arkeologi Penting yang Mengubah Sejarah

Penemuan-penemuan arkeologi berikut telah mengubah sejarah manusia. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah besar penemuan arkeologi berharga memungkinkan kita untuk mengungkap beberapa misteri dan rahasia dari masa lalu. Melansir dari Bright Side, berrikut temuan arkeologi paling menakjubkan yang telah mengubah sejarah manusia.

1. Machu Picchu

Benteng suci Inca yang terkenal ini terletak di Peru dan didirikan sekitar tahun 1440-1532. Machu Picchu ditemukan oleh sejarawan Amerika darii Universitas Yale, Hiram Bingham.

Reruntuhan indah Machu Picchu adalah contoh terbaik dari konstruksi batu peradaban Inca. Ada sekitar 200 bangunan yang terletak di daerah dengan panjang 365 meter dan lebar 300 meter.

2. Tentara Terracotta

Seorang petani lokal dari provinsi Shaanxi tengah menggali sumur ketika ia menemukan tentara dari keramik pada tahun 1947. Ribuan prajurit Terracotta ini berdiri tepat di depan makam besar Kaisar Qin Shi Huang untuk menjaganya di akhirnya.

Bagi peneliti, konstruksi besar ini telah menjadi indikator dari sisi humanisme yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terlepas dari kenyataan bahwa tentara telah ditemukan puluhan tahun lalu, makam Kaisar sendiri hingga kini masih belum ditemukan.

3. Gulungan Laut Mati

Sebuah koleksi naskah kuno ditemukan di beberapa tempat di sepanjang pantai Laut Mati. Studi menunjukkan bahwa gulungan-gulungan itu usianya 1.000 tahun, lebih tua dari naskah Perjanjian Lama. Berkat teks-teks ini, dapat diketahui bagaimana kehidupan orang-orang di zaman kuno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prasasti Behistun

4. Prasasti Behistun

Prasasti ini ditemukan oleh wisatawan dan petualang Inggris, Robert Sherley, selama misi diplomatiknya di Persia pada tahun 1598. Prasasti itu merupakan teks multibahasa yang diukir atas perintah Raja Darius Agung.

Prasasti Behistun memungkinkan para arkeologi untuk mempelajari peradaban kuno seperti Mesopotamia, Sumeria, Akkad, Persia, dan Asyur.

5. Olduvai Gorge

Merupakan tempat yang kaya akan temuan prasejarah. Situs ini ditemukan oleh entomologi Jerman, Wilhelm Kattwinkel, pada tahun 1911.

Tiga spesies terpisah dari hominin, termasuk Australopithecus, Homo sabilis, Homo erectus, telah ditemukan di jurang. Sisa-sisa kuda kuno berkuku tiga juga ditemukan di situs ini.

3 dari 3 halaman

Angkor Wat

6. Angkor Wat

Catatan paling awal tentang tanggal konstruksi batu besar ini adalah tahun 1601. Kuil ini sempat terlupakan selama 200 tahun sebelum akhirnya ditemukan.

Angkor Wat merupakan monumen keagamaan terbesar di dunia. Candi yang merupakan jantung peradaban besar ini memiliki tangga dan lorong-lorong yang dimahkotai dengan lima menara.

7. Mekanisme Antikytera

Perangkat yang diperkirakan berasal dari tahun 100 SM ini ditemukan di sebuah kapal karam dekat pulau-pulau Yunani pada ahun 1901. Menurut para ilmuwan, perangkat mekanik ini terdiri dari setidaknya 30 gigi perunggu.

Perangkat ini digunakan untuk menghitung gerakan bintang dan planet. Para ilmuwan percaya, mekanisme mekanik ini juga digunakan untuk menentukan tanggal yang tepat dari awal Olimpiade.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.