Sukses

4 Tips agar Aman Pulang Malam bagi Mahasiswa

Tips agar kamu bisa pulang malam dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta Kamu aktivis kampus dan sering pulang malam hari? Ada kiatnya nih agar kamu bisa pulang malam dengan aman. Reporter Campus CJ mewawancarai kepala Satuan Pengamanan (Satpam) UIN SGD Bandung, Dedi Rachmat. Ia menuturkan beberapa hal yang bisa dilakukan mahasiswa ketika pulang larut malam dari kampus.

1. Simpan barang dengan aman

Agar kamu merasa aman ketika pulang dari kampus atau berkegiatan di luar, sebaiknya pakailah tas di depan. Hal itu guna menghidari tindak penjambretan. Selain itu, tidak usah menggunakan handphone dan perhiasan mencolok selama perjalanan. Bisa jadi handphone dan barang-barang kesayangan kamu menjadi sasaran empuk buat dirampok.

2. Jangan pulang sendiri

“Sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama aku asyik sendiri.” Tahukah itu apa? Yes! Lirik lagu Kuntoadji yang judulnya “Terlalu Lama Sendiri” he-he-he. Ketika perjalanan pulang malam, usahakan untuk tidak sendiri. Kamu harus cari teman agar ketika ada hal yang tidak diinginkan setidaknya ada yang bisa membantu kamu dalam darurat. Minimal, membantu berteriak untuk minta tolong.

3. Jangan melewati jalan yang sepi

Untuk keamanan kamu di jalan pulang, usahakan ambil jalan yang terlihat ramai oleh lalu lalang kendaraan dan penuh dengan keramaian. Dengan memilih jalan yang ramai, risiko terjadi tindakan kriminal akan lebih rendah ketimbang di jalanan yang sepi.

4. Menginap di rumah teman

Jika kegiatan yang kamu lakukan di kampus selesai terlalu larut dan takut untuk pulang ke rumah, sebaiknya menginap ke indekos teman kamu yang letaknya dekat dengan kampus. Jangan ambil risiko dengan memaksakan diri untuk pulang karena semakin larut, maka semakin besar kemungkinan terjadi kriminalitas.

Pulang malam tidak masalah kalau memang itu membantu kamu untuk menjadi mahasiswa yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain, terlebih untuk perubahan kampus. Namun, jangan lupakan juga keamanan kamu untuk pulang, agar kamu selamat sampai tujuan.

Penulis :

Ibnu Fauzi

Mahasiswa UIN SGD Bandung

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini