Sukses

7 Berita Hoax Ini Sebabkan Perang Antarbangsa

Liputan6.com, Jakarta - Seperti halnya dengan pemberitaan palsu yang bisa memicu konflik, menggulingkan pemerintahan, dan memecah belah satu bangsa, kabar bohong alias hoax sejak lama ikut menggerakkan sejarah peradaban manusia. Inilah beberapa hoax yang menjadi penyebab perang antar bangsa dilansir oleh Deutsche Welle:

1. Kampanye Hitam McNamara

Kementerian Pertahanan AS mengabarkan bahwa kapal perang USS Maddox ditembaki kapal Vietnam Utara pada 2 dan 4 Agustus 1964. Insiden di Teluk Tonkin itu mendorong Kongres AS menerbitkan resolusi yang menjadi landasan hukum buat Presiden Lyndon B. Johnson untuk menyerang Vietnam. Namun tahun 1995 bekas Menhan AS, Robert McNamara, mengakui insiden tersebut adalah berita palsu.

2. Kebohongan Memicu Perang Dunia

Awal September 1939, Adolf Hitler mengabarkan kepada parlemen Jerman bahwa militer Polandia telah "menembaki tentara Jerman pada pukul 05.45." Ia lalu bersumpah akan membalas dendam. Kebohongan yang memicu Perang Dunia II itu terungkap setelah ketahuan tentara Jerman sendiri yang membunuh pasukan perbatasan Polandia. Karena sejak 1938 Jerman sudah mempersiapkan pendudukan terhadap jirannya itu.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Aktivis Selamatkan 1.200 Anjing yang Akan Dibantai di Festival
Artikel Selanjutnya
Penerbangan Tertunda 11 Jam Wanita Frustasi Lakukan Aksi Heroik