Sukses

Bermodal Cahaya Senter HP, Dokter Bantu Lahiran di Mobil

Bahkan salah satu pegawai rumah sakit yang bergegas menuju mobil itu, melihat kepala sang bayi sudah keluar dari perutnya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita yang akan melahirkan pada umumnya berada ruang khusus persalinan. Namun itu tidak berlaku bagi salah satu wanita di kota Zhongshan, Provinsi Ghuangdong, China ini.

Wanita yang sedang hamil itu, sebenarnya telah tiba di pekarangan rumah sakit saat tengah malam. Namun bayi yang berada dalam kandungannya tidak dapat ditahan lagi. Bahkan salah satu pegawai rumah sakit yang bergegas menuju mobil itu, melihat kepala sang bayi sudah keluar dari perutnya.

Dilansir mynewshub.com, kejadian itu terjadi pada 8 Januari 2017. Wanita yang tidak sempat melahirkan di ruang bersalin, berhasil diselamatkan oleh sekelompok dokter yang hanya menggunakan cahaya senter HP untuk membantu persalinan di dalam mobil.

Kepala Dokter, He Fenjun mengatakan, ia mendapay kabar dari pegawai rumah sakit.  “Saya langusung bergegas di tempat kejadia. Sesampainya di sana, kepala dan dada bayi itu sudah terlihat,” jelasnya.

Fenjun yang mengetahui hal itu segera memanggil dokter spesialis kandungan, yaitu dr Pan Cong. Ia segera mengambil alih kejadian itu dan memulai proses persalinan. Hanya dengan bantuan cahaya senter HP, ia berhasil memotong tali pusar bayi itu sebelum membungkusnya dengan selimut.

Bayi yang belum diketahui namanya itu lahir pada pukul 02.25 pagi waktu setempat. Ia kemudian dipindahkan ke ruang khusus untuk perawatan lebih lanjut.

Wanita yang sudah menjadi ibu itu pun, dibawa keruang bersalin untuk melakukan pemeriksaan. Menurut media setempat, mereka berdua dalam kondisi yang baik.
 
Penulis:

Tony Wijaya

Universitas Bung Karno

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini