Sukses

Petualangan Pertama, Melihat dari Dekat Komodo Dragon di Flores

Liputan6.com, Flores Liburan ini memerlukan waktu persiapan selama 4 bulan karena penuh dengan kegiatan outdoor terutama trekking dan snorkeling yang cukup menyita fisik peserta trip kali ini.

Selain itu cuaca yang terik serta kontur bukit yang menantang membuat saya harus mempersiapkan diri agar tidak melewatkan satu pun lokasi yang “instagramable”. 

Komposisi lautnya yang berwarna biru kehijauan, bukit hijau kecoklatan (peralihan musim panas kehujan), putihnya awan dan birunya langit serta megahnya bentuk kepulauan komodo mirip di film jurasic park.

Perjalanan kali ini mempertemukan saya dengan Komodo Dragon (Varanus Komodoensi) salah satu hewan langka yang dilindungi. Pulau ini juga ditetapkan sebagai world heritage site oleh UNESCO. Di tempat ini kita bisa melihat sang komodo di habitat aslinya di tempat yang pemandangan sangat indah.

Untuk memasuki pulau ini kapal harus merapat di dermaga yang cukup besar. Dermaga ini baru dibangun sekitar 3 tahun lalu. Tiap pengunjung harus berjalan kaki ke pinggir pantai untuk memasuki gerbang utama. Setelah itu saya harus ditemani dengan ranger sebagai pengawas saat berkeliling. 

Dalam radius seratus meter berjalan langsung bertemu komodo jantan berusia 10 tahun sedang menuju sebuah pohon untuk berteduh.

Seketika itu saya langsung meminta untuk mengabadikan momen ini ke ranger dan beliau dengan cekatan menyuruh saya berjalan 1-1.5 meter di belakang sang komodo jantan dengan berhati-hati tanpa membuat gerakant iba-tiba serta suara.

Setelah mendapatkan momen bersama sang komodo dragon maka saya melakukan trekking ke atas bukit national komodo untuk melihat pemandangan dermaga dengan luasnya lautan dan bukit yang berjajar. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan dan saya berharap bisa mengunjungi Flores sekali lagi atau bahkan berkali-kali lagi!.

Penulis :

Doni Kusuma

GM Human Resources & GA

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.