Sukses

7 Cara Alami Hilangkan Uban di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Penampilan merupakan hal yang dianggap penting bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang tergolong masih berusia muda. Salah satu hal yang dapat menggangu penampilan seseorang di usia muda mereka adalah munculnya uban di kepala.

Uban sering diidentikkan dengan semakin tuanya usia seseorang, namun apa jadinya jika uban muncul di kepala seseorang yang masih berusia muda? Pertanyaan semacam, “Masih muda kok sudah ubanan?” tentunya akan memengaruhi kepercayaan diri seseorang yang memiliki uban di usia muda.

Jika ditinjau dari kacamata ilmiah, fenomena uban pada rambut sebenarnya disebabkan oleh melanosit atau sel-sel folikel rambut yang tidak lagi memproduksi pigmen rambut atau melanin. Selain faktor tersebut, banyak faktor yang dapat mengakibatkan munculnya uban pada usia muda, di antaranya adalah faktor keturunan, gaya hidup tidak sehat, serta konsumsi alkohol dan merokok.

Selain itu, berganti-ganti sampo dan minyak rambut ternyata juga dapat mengakibatkan rusaknya saraf di pangkal akar rambut, hal inilah yang menghambat produksi melanin di kulit kepala sehingga uban dapat muncul.

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi uban agar kembali berwarna hitam, terlebih bagi seseorang yang sebetulnya masih tergolong muda. Berikut cara alami untuk mengatasi uban rambut yang muncul di kepala.

1 dari 8 halaman

1

1. Menjaga Cairan Tubuh

Asupan mineral tembaga pada manusia, sangat dipengaruhi oleh peran cairan tubuh. Cairan seperti minuman yang mengandung kafein dan alkohol, patut dikurangi karena merupakan penyebab uban. Cara terbaik ntuk menjaga cairan tubuh adalah dengan meminum air putih.

Setidaknya dalam satu hari konsumsi 2 liter air. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh melalui keringat dan urin. Mineral tembaga juga bisa didapatkan pada makanan seperti kacang mete, kacang almond, minyak biji matahari, biji labu, bayam, nanas, dan buah delima.

2 dari 8 halaman

2

2. Istirahat Dan Olahraga Yang Cukup

Seperti halnya mesin, tubuh manusia juga membutuhkan istirahat. Tingginya aktivitas dan tekanan pada tubuh tanpa beristirahat dan tidur yang cukup akan menganggu produksi zat-zat penting dalam tubuh dan menggangu sistem kerja organ tubuh.

Termasuk zat-zat yang dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel folikel memproduksi pigmen atau melanin yang bermanfaat membuat rambut hitam. Sirkulasi darah harus ditingkatkan agar semua zat penting dari makanan dan mineral yang dikonsumsi sampai ke kepala dan Caranya, berolahraga dengan teratur dan memijat kepala dengan ujung jari dalam kisaran sekitar 5-10 menit.

3 dari 8 halaman

3

3. Konsumsi Vitamin B12 Dan Omega 3

Rutin untuk mengkonsumsi telur, keju, ikan, daging unggas, daging domba, daging sapi dan pisang akan membantu tubuh yang kekurangan vitamin B12 dan Omega 3. Makanan-makanan tersebut tersebut merupakan sumber vitamin B2 dan Omega-3 yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan kulit kepala, sehingga uban tidak lagi muncul.

4 dari 8 halaman

4

4. Hindari Makanan Penyebab Uban

Ada beberapa makanan yang mampu mengurangi kadar air dalam tubuh, sehingga mengurangi kelembaban karena makanan tersebut mengandung lemak dan oksidan. Makanan yang patut dihindari tersebut antara lain seperti gorengan, makanan yang memiliki rasa asam dan makanan yang tergolong pedas.

5 dari 8 halaman

5

5. Berhentilah Mencabut Uban

Dengan sering mencabut uban, maka potensi rambut uban semakin besar. Hal ini dikarenakan rambut yang dicabut paksa, secara otomatis akan mencabut akar rambut sehingga merusak banyak saraf di pangkal akar rambut. Hal ini akan berdampak pada sinyal produksi pigmen pada rambut.

6 dari 8 halaman

6

6. Hindari Penggunaan Semir Rambut

Untuk menghilangkan uban pada kepala, sebetulnya tidak perlu dengan cara mencat rambut. Hal yang dapat dilakukan adalah cukup dengan cara alami dengan memanfaatkan seperti daun rambutan, minyak kemiri, biji papaya dan merang. Bahan-bahan alami tersebut selain sehat juga membantu menumbuhkan rambut baru dengan warna asli.

7 dari 8 halaman

7

7. Berhenti Merokok

Dengan berhenti merokok, maka sirkulasi darah pada tubuh akan lancar. Sirkulasi darah pada tubuh yang tidak lancar, justru kan mempercepat pertumbuhan uban. Berhenti merokok akan memperlambat munculnya uban dan tubuh akan terhindar dari zat-zat berbahaya yang berasal dari rokok.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan uban rambut pada kepala secara alami, lakukan cara tersebut, agar uban yang muncul pada usia muda tidak lagi menggangu penampilan Anda. Sangat mudah bukan?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

Artikel Selanjutnya
Krim Alami Penghilang Kerutan pada Wajah
Artikel Selanjutnya
Selagi Muda Ini 4 Cara Cegah Pikun Saat Tua