Sukses

Potret Fenomena Menakjubkan Pilar Cahaya di Berbagai Negara

Liputan6.com, Jakarta - Seorang fotografer bernama Timothy Joseph Elzinga mendapat kesempatan langka karena bisa melihat aurora bewarna-warni menari di langit malam di Northern Ontario, Kanada.

Penampakan tersebut awalnya ia lihat ketika terbangun dari tidurnya sekitar pukul 01.30 dini hari. Lalu ia melihat cahaya bewarna-warni dari jendela kamarnya. Karena terpukau dengan penampakan tersebut, ia pun segera mengabadikan pemandangan indah itu menggunakan kameranya.

Dilansir Boredpanda, Selasa (17/1/2017), fenomena yang terjadi di langit Kanada, itu merupakan light pilar atau pilar cahaya. Pilar cahaya adalam fenomena visual alam berupa cahaya yang berbentuk seperti struktur pilar yang bersinar mengarah ke atas.

Biasanya pemandangan mempesona ini muncul karena pantulan cahaya dari kristal es dekat permukaan yang paralel dari sebuah bidang horisontal.

1. Pilar Cahaya di Jackson, Wyoming, Amerika Serikat

dok: boredpanda.com

 2. Pilar Cahaya di Rusia

dok: boredpanda.com

"Ini adalah malam yang super jelas, karena kamu bisa melihat segala sesuatu. Lampu ini memantuk ke langit, berkilauan dan bergerak," kata Elzinga.

3. Pilar Cahaya di Inari, Lapland, Finlandia

dok: boredpanda.com

 4. Pilar Cahaya di Alaska, Amerika Serikat

dok: boredpanda.com

Fenomena pilar cahaya biasanya hanya muncul di daerah dingin di mana suhu di daerah tersebut mencapai di bawah 10 derajat Celcius. Sayangnya, fenomena ini tidak akan muncul di daerah yang berada digaris Khatulistiwa, seperti Indonesia.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Awan Spiral Bak Lukisan Terlihat di Langit Atlantik Selatan
Artikel Selanjutnya
Menertawakan Kota yang Serba Instan di Pameran “Igor: NYAAMM!!”