Sukses

Teknik Akupuntur Ampuh Tenangkan Bayi yang Tantrum

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Lund University, Swedia, menunjukkan bahwa teknik akupuntur memiliki efek yang kuat dalam membujuk bayi agar berhenti menangis atau sedang tantrum.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan sejumlah dokter yang berlatih teknik jarum kuno yang berasal dari Tiongkok, atau biasa disebut dengan akupuntur. Teknik tersebut diuji kepada sejumlah bayi yang menangis selama lebih dari tiga jam sehari. Hasilnya, bayi lebih cepat berhenti menangis daripada mereka yang tidak menerima akupuntur.

Bayi yang menangis secara berlebihan merupakan faktor utama yang menjadi kendala orangtua dalam beberapa minggu pertama setelah bayi tersebut lahir.

Para ilmuwan Lund University melakukan penelitian tersebut terhadap 147 bayi berusia antara dua dan 10 minggu, yang kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Pada kelompok pertama, proses akupuntur selama dua sampai lima detik dilakukan terhadap bayi di satu titik tubuh mereka.

Bayi di kelompok kedua, diberi akupuntur selama 30 detik pada lima titik di tubuh mereka. Sedangkan pada kelompok ketiga, bayi tidak menerima akupuntur.

Para peneliti menemukan bahwa bayi yang menerima akupuntur pada kelompok pertama memiliki persentase 49% lebih mungkin untuk berhenti menangis pada minggu kedua pengobatan dengan menggunakan teknik akupuntur, dibanding dengan bayi pada kelompok ketiga yang tidak menerima akupuntur. Sedangkan bayi pada kelompok kedua, memiliki persentase 32% untuk berhenti menangis.

Www.telegraph.co.uk dalam British Medical Journal yang ditulis oleh para peneliti mengatakan, "rewel dan menangis adalah komunikasi yang normal bagi bayi karena hal tersebut merupakan proses pertumbuhan yang normal. Namun tentunya, akan lebih baik jika bayi tersebut tidak terlalu sering menangis, dan hal itu dapat diatasi dengan teknik akupuntur. Bagi mereka yang memiliki bayi dengan intensitas menangis selama lebih dari tiga jam dalam sehari, akupuntur dapat menjadi pilihan yang efektif.”

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Bayi di 3 Negara Ini Ternyata Lebih Sering Menangis
Artikel Selanjutnya
Bayi dari Negara Mana yang Paling Sering Menangis?