Sukses

Ilmuwan Ungkap Kenapa Durian Punya Aroma Kuat

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, durian dikenal sebagai buah yang memiliki aroma khas dan kuat. Bahkan lantaran aromanya yang begitu kuat, buah durian dilarang di berbagai bandar udara dan hotel di Asia Tenggara, termasuk pada sarana transportasi yang ada di Singapura.

Di balik aromanya yang kuat, durian memiliki penikmatnya sendiri. Tak jarang para penikmat buah durian menganggap buah ini merupakan buah yang berasal dari surga karena kelezatan daging buahnya. Beberapa orang yang tidak menyukai aroma durian yang kuat, menganggap aroma daging buah durian ini seperti limbah mentah, aroma kaus kaki olahraga, bahkan seperti aroma bawang busuk.

Di balik kontroversi aroma buah durian, tahukah Anda apa yang menyebabkan buah berkulit tajam ini memiliki aroma yang khas dan kuat?

Para peneliti di German Research Center for Food Chemistry in Freising, Jerman, mengungkapkan bahwa, terdapat dua senyawa kimia utama yang mengakibatkan buah durian memiliki aroma yang khas dan kuat. Senyawa kimia tersebut adalah (2S)-2-methylbutanoate dan 1-(ethylsulfanyl)ethane-1-thiol.

Dalam melakukan penelitian tersebut, para peneliti menggunakan buah durian yang telah diolah menjadi bubur durian untuk dijadikan ekstrak, kemudian unsur kimia dan gas dari ekstrak tersebut diteliti. Hasil dari penelitian ekstrak durian tersebut didapati 19 senyawa kimia, dan senyawa kima tersebut dinilai berdasarkan kekuatan aromanya masing-masing.

Para ilmuwan menyamakan aroma senyawa kimia terkuat dari ekstrak durian, seperti aroma yang terdapat pada bawang busuk dan bawang panggang. Setelah dianalisis, ada dua senyawa kimia yang ternyata menjadikan buah durian memiliki aroma khas dan kuat seperti yang kita ketahui selama ini, senyawa kimia tersebut adalah (2S) -2-methylbutanoate dan 1- (ethylsulfanyl) etana-1-tiol. Ketika kedua senyawa kimia tersebut dipasangkan secara bersamaan, aroma yang muncul sama persis dengan aroma yang dikeluarkan oleh buah durian.

Jenis buah durian paling banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, durian dikenal oleh banyak orang di wilayah Asia Tenggara dengan sebutan raja buah. Jadi, berada di golongan manakah Anda? Penyuka buah durian atau membenci buah tersebut karena aromanya yang kuat?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Resep Sehat a la Michelle Ziudith, Ganti Santan dengan Yogurt
Artikel Selanjutnya
Lagi Asyik PDKT ditinggal? Ini Alasannya