Sukses

Tertangkap Kamera Tersembunyi, Orang Utan Lihai Gunakan Gergaji

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini kamera tersembunyi berhasil menangkap salah satu adegan satwa liar yang paling luar biasa yang pernah disaksikan. Seekor orang utan liar terekam kamera sedang menggunakan gergaji untuk memotong ranting kayu.

Rekamanan kamera tersembunyi tersebut memperlihatkan orang utan betina dengan ukuran besar menggergaji ranting kayu. Dengan keterampilan seperti seorang tukang kayu yang terlatih.

Ia memotong ranting kayu tersebut dengan gergaji di tangan kanannya, dan menggunakan kakinya sebagai tumpuan saat menggergaji ranting kayu.

Seperti halnya yang dilakukan manusia, orang utan tersebut bahkan meniup serbuk kayu untuk mempermudahnya saat menggergaji ranting kayu.

Kamera tersembunyi yang berhasil menangkap adegan luar biasa tersebut, merupakan salah satu program yang dilakukan oleh BBC. Melalui program “Spy in the Wild” yang ditayangkan setiap Kamis malam, BBC ingin mengawasi kecerdasan hewan di alam liar.

Dilansir www.express.co.uk, seorang juru bicara Program Spy in the Wild menjelaskan tidak ada satupun manusia yang mengajari orang utan itu menggergaji. Orang utan itu murni menggunakan nalurinya.

"Tidak ada yang menduga bahwa setiap orangutan  liar mengetahui teknik menggergaji, tapi yang satu ini tetiba mengambil gergaji dan secara spontan menggunakannya untuk memotong ranting kayu. Ini luar biasa," ujarnya.

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.