Sukses

5 Pembersih Alami yang Bebas Bahan Kimia Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan merupakan hal yang penting, namun tidak jarang produk pembersih yang kita gunakan, mengandung bahan kimia yang ternyata berbahaya.

Tahukah Anda? Ternyata ada bebarapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai solusi untuk membersihkan barang-barang di sekitar rumah Anda, tanpa harus khawatir dengan kandung bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya. Pembersih alami yang dapat Anda gunakan ini, tentunya lebih murah dan lebih aman untuk digunakan, terutama terhadap anak-anak di rumah.

1. Gunakan Tepung Untuk Membersihkan Benda Stainless Steel

Tepung merupakan bahan yang sangat baik bila digunakan untuk membersihkan benda berbahan dasar stainless steel, dengan menggunakan tepung, benda stainless stell akan lebih bersih dan berkilau. Caranya cukup sederhana, taburkan sedikit tepung kering ke benda berbahan stainless steel yang ingin Anda bersihkan. Kemudian usap bagian yang sudah ditaburi tepung dengan menggunakan kain berbahan lembut. Setelah itu, beri sedikit minyak goreng pada kain, lalu gosok secara perlahan benda stainless steel yang ingin Anda bersihkan. Seketika benda berbahan stainless steel Anda akan menjadi bersih dan lebih berkilau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Membersihkan Aluminium dengan Kulit Apel

Asam yang terkandung di dalam kulit apel akan menghapus noda dan perubahan warna yang terjadi di peralatan masak berbahan aluminium. Caranya cukum mudah, isi panci dengan air dan kulit apel. Kemudian rebus kulit apel yang direndam di dalam panci berisi air, lalu didihkan selama sekitar 30 menit. Air rendaman kulit apel tersebut, nantinya dapat dijadikan sebagai pemberih peralatan masak berbahan alumunium. Cukup mudah bukan?

3 dari 5 halaman

3. Tepung Jagung Untuk Membersihkan Cermin dan Kaca Jendela

Ketika kaca jendela rumah Anda kotor, maka hal tersebut akan menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam rumah Anda. Ketika Anda ingin bercermin, namun cermin tersebut tampak kotor, maka akan membuat Anda kesulitan melihat diri Anda di cermin. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan membersihkannya menggunakan bahan alami, yaitu tepung jagung. Untuk membersihkan kaca jendela dan cermin, cukup campurkan 2 liter air hangat dengan 1/2 cangkir tepung jagung. Gunakan spons sebagai media pembersih, gosok perlahan spons yang sudah direndam air hangat yang dicampur tepung jagung ke kaca jendela atau cermin. Seketika, kaca jendela dan cermin akan menjadi lebih bersih dan berkilau.

4 dari 5 halaman

4. Menghilangkan Noda Lumpur dengan Potongan Kentang

Hal paling menjengkelkan ketika harus mencuci pakaian adalah ketika pakaian tersebut terdapat noda lumpur, sering kali hal tersebut membuat khawatir bila noda lumpur tidak dapat hilang. Kali ini Anda tak perlu lagi khawatir, karena hanya dengan memanfaatkan potongan kentang, maka noda lumpur di pakaian dapat dihilangkan. Caranya cukup sederhana, potonglah kentang yang berukuran besar, lalu gosok potongan kentang tersebut pada noda lumpur sebelum pakaian itu dicuc. Potongan kentang tersebut akan memecah kotoran lumpur yang terdapat pada pakaian, sehingga dalam proses pencucian, noda lumpur akan lebih mudah hilang.

5 dari 5 halaman

5. Membuat Tembaga Dan Kuningan Lebih Berkilau Menggunakan Lemon

Jika Anda memiliki benda yang terbuat dari bahan tembaga dan kuningan, Anda dapat memanfaatkan buah lemon sebagai pembersih alami, dan tentunya jauh lebih aman dibandingkan menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia. Caranya dengan memotong lemon menjadi dua bagian, lalu taburi kedua potongan lemon tersebut dengan garam secukupnya. Potongan lemon yang sudah ditaburi garam tersebut, dapat Anda gunakan dengan cara menggosokannya ke benda yang ingin dibersihkan. Setelah selesai menggosoknya dengan lemon, bilas benda berbahan tembaga atau kuningan dengan air.

Dengan bahan-bahan alami tersebut, Anda tak perlu lagi takut atau khawatir dengan produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya. Tentunya sangat mudah bila Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tertarik untuk mencobanya?


Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.