Sukses

Berkemah Membuatmu Lebih Produktif, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sebuah jurnal penelitian mengungkapkan, bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari akan berpengaruh terhadap produktivitas hidupnya

Liputan6.com, Jakarta Pergi berlibur merupakan sebuah cara yang dilakukan seseorang untuk menenangkan diri dari tekanan hidup sehari-hari, dengan pergi berlibur, seseorang akan memanfaatkan waktunya untuk bersenang-senang bersama keluarga atau teman.

Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menikmati saat berlibur, salah satunya adalah pergi berkemah untuk menyatu bersama alam. Apakah Anda salah satu orang yang menyukai kegiatan berlibur dengan cara yang satu ini?

Karena sebuah studi ilmiah terbaru membuktikan, bahwa berkemah mampu membuat hidup Anda menjadi lebih produktif. Hal ini disebabkan ketika Anda memutuskan untuk pergi berkemah, maka hal tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki jam tidur. Memiliki jam tidur yang teratur, pada dasarnya akan meningkatkan produktivitas Anda. Berkemah Membantu Memperbaiki Pola Tidur

Pernahkah Anda memperhatikan, ketika Anda pergi berkemah, Anda akan lebih cenderung untuk bangun lebih pagi dari biasanya? Berkemah memungkinkan kita untuk menyatu dengan alam dan lingkungan sekitar, hal ini akan berpengaruh terhadap jam tubuh kita, membuat kita lebih siap dalam menghadapi hari dengan semangat serta energi yang baru.

manfaat berkemah

Tidak sedikit orang yang memiliki masalah pada pola tidurnya, hal tersebut disebabkan karena tubuh terlalu sering terpancar cahaya buatan yang berasal dari lampu. Dengan terlalu seringnya tubuh terpancar oleh cahaya lampu, maka hal tersebut akan memanipulasi tubuh kita, menganggap bahwa hari masih belum cukup malam untuk tidur. Padahal tubuh manusia memiliki jam alami, tubuh akan terbangun saat matahari terbit, dan akan mengantuk ketika matahari terbenam.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Kenneth Wright dan rekan-rekannya dalam jurnal “Current Biology”, diungkapkan bahwa terhindar dari pancaran cahaya buatan yang berasal dari lampu selama seminggu, akan membantu seseorang untuk bangun lebih pagi saat matahari terbit.

Ketika seseorang berkemah dan terhindar dari semua paparan sumber cahaya buatan seperti lampu, dan obor, maka hal tersebut akan memaksa seseorang untuk tidur sesuai dengan irama alam. Bayangkan saja manfaat yang akan didapatkan bila pola tidur Anda membaik, Anda akan terbangun lebih pagi secara alami dan lebih siap dalam menghadapi hari.

Bangun Lebih Pagi Membuat Anda Lebih Produktif

Sebuah jurnal penelitian mengungkapkan, bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari akan berpengaruh terhadap produktivitas hidupnya.

Jens Bonke dari Rockwool Foundation Research Unit pernah menerbitkan sebuah jurnal yang diberi judul Annals of Economics and Statistics, dalam hasil penelitiannya tersebut menunjukan bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari, lebih mudah untuk mengembangkan diri mereka, sehingga mereka lebih cenderung memiliki banyak uang daripada mereka yang lebih memilih untuk bangun siang. Menurut Bonke, orang-orang lebih cenderung menghargai mereka yang bangun lebih awal di pagi hari, karena mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Hal tersebut diyakini Bonke sebagai alasan mengapa seseorang yang bangun lebih pagi cenderung lebih sukses dalam karirnya, dan memiliki uang yang banyak dari hasil kerjanya. Produktivitas yang dimiliki seseorang akan berdampak besar pada hidupnya, sedangkan mereka yang lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya di pagi hari, tidak akan menjadi lebih sukses dibanding mereka yang kerap bangun lebih awal di pagi hari.

Mungkin lain kali jika Anda memiliki waktu untuk berlibur, Anda dapat menggunakannya untuk pergi berkemah, karena ada manfaat yang besar yang akan berdampak pada hidup Anda. Terlebih bagi Anda yang belum pernah mencobanya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk pergi berkemah?

Penulis:

Soyid prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini