Sukses

Pedang Misterius Berusia 2.300 Tahun Ditemukan Saat Makam Digali

Sebuah pedang misterius ditemukan selama penggalian sebuah makam di kota Xinyang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pedang baja yang ditempa lebih dari 2.300 tahun yang lalu telah ditemukan di Provinsi Henan, Tiongkok. Pedang tersebut ditemukan selama penggalian sebuah makam di kota Xinyang.

Menurut kantor berita TASS, meski telah berusia ribuan tahun, namun pedang dan sarungnya masih berada dalam keadaan sempurna. Malahan, salah satu sisi pedang masih terlihat tajam.

Liu Yong, wakil pengawas Distrik Chengyang yang menyaksikan penggalian mengaku sangat terkesan dengan pedang kuno tersebut. Pedang itu sebelumnya berlumur lumpur saat dikeluarkan dari salah satu peti mati.

Hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa pedang kuno itu ditempa pada 475 SM-221 M. Walau demikian, para ahli belum dapat mengkonfirmasi identitas pemilik pedang kuno itu.

Menurut para ahli, penemuan kali ini merupakan sisa-sisa dari kota kuno Chengyang. Dari catatan sejarah, kota kuno Chengyang adalah kota terbesar dan terbaik yang diawetkan oleh tanah.

Sementara itu, pada bulan April 2016, arkeolog berhasil menggali sejumlah peti mati berusia 3.000 tahun setelah menemukan 22 makam yang bersal dari Dinasti Shang (1600 SM-1046 SM). Sejarawan percaya, situs tersebut merupakan pemakaman keluarga kaya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini