Sukses

Ini Waktu Tepat Minum Obat agar Efektif

Liputan6.com, Jakarta Seberapa efektif obat untuk mengatasi penyakit dipengaruhi oleh banyak hal. Setiap jenis obat tetap aktif di dalam tubuh untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu Anda harus minum obat dengan beragam jeda waktu. Berapa lama waktu yang diperlukan tubuh untuk menyerap obat hingga bisa memberi dampak yang maksimal juga bervariasi.

Ada jenis obat yang perlu dikonsumsi secara rutin untuk memastikan Anda mendapat dosis yang tepat di tubuh. Misalnya, obat pereda rasa sakit akan bekerja maksimal jika Anda mengonsumsinya secara rutin dan benar-benar menggunakan obat tersebut untuk mengontrol rasa sakit.

Sementara obat lain lebih baik dikonsumsi dalam kondisi perut kosong, sebelum makan apa pun, atau sebaliknya. Anda perlu mencermati petunjuk minum obat yang diberikan oleh dokter. Jika tak merasa yakin Anda harus meminum obat sebelum atau sesudah makan, sebaiknya tanyakan sejelas mungkin pada dokter, perawat, atau pihak apoteker.

Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada obat yang Anda minum. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu. 

Kembali pada waktu terbaik minum obat, berikut penjelasannya seperti dilansir laman Boldsky, Senin (23/1/2017):

 

1 dari 2 halaman

Waktu untuk minum obat

1. Obat yang diminum saat perut kosong

Obat-obatan untuk mengatasi tiroid, baik itu hiper atau pun hipotiroid, serta obat untuk osteoporosis baiknya diminum pagi hari saat perut kosong, sekitar setengah jam sebelum sarapan.

Anda juga perlu memastikan tidak meminum suplemen apa pun selama dua jam setelahnya.Ssetidaknya setelah obat tersebut bekerja dengan maksimal.

2. Obat yang diminum saat makan siang

Kalsium, magnesium, dan vitamin D harus diminum saat makan siang. Tablet kalsium dengan dosis lebih dari 500mg sebaiknya tidak diminum sekaligus. Anda bisa memecah dosisnya dan meminum dua kali. Setelah makan siang, dosis berikutnya bisa Anda minum pada waktu makan malam.

3. Obat yang diminum saat sebelum tidur

Obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol sebaiknya diminum sebelum tidur malam.