Sukses

6 Tanda Anda Terlalu Keras pada Diri Sendiri, Solusinya?

Liputan6.com, Jakarta Bekerja keras memang penting untuk meraih tujuan yang Anda cari. Akan tetapi, ada kalanya kita tidak sadar bahwa kita terlalu keras terhadap diri sendiri.

Bila dibiarkan, hal ini hanya akan berdampak buruk pada diri dan pekerjaan Anda. Melansir dari CosmopolitanUk, berikut 6 tanda Anda terlalu keras pada diri Anda sendiri:

1. Anda selalu merasa lelah

Tubuh Anda biasanya memberikan 'alarm' bila Anda bekerja berlebihan. Namun, ketika Anda terus-terusan merasa lelah, berarti ada sesuatu yang salah.

Apabila Anda selalu merasa lelah, kemungkinan Anda sudah terlalu banyak bekerja dan tidak pernah memberikan waktu bagi diri sendiri. Solusinya, ambillah hari libur dan nikmati sambil bersantai.

2. Anda tidak memuji prestasi Anda

Jika Anda tidak merayakan prestasi Anda sendiri, baik besar atau kecil, semuanya akan bergabung menjadi satu rutinitas yang membosankan. Apapun yang Anda lakukan, penting untuk memuji diri agar merasakan kepuasan batin.

3. Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan adalah pembunuh kebahagiaan. Ini sering terjadi tanpa kita sadari, baik saat membuka Instagram dan melihat foto seseorang yang lebih cantik atau pergi liburan, maupun di kantor.

Membandingkan hanya akan membuat Anda bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Memang, terkadang membandingkan dapat memicu kreativitas, tapi bila hanya membuat Anda stres dan bersedih, buang rasa iri tersebut.

4. Anda tak pernah merasa cukup baik

Ini juga dikenal dengan sindrom penipu. Sindrom ini akan membuat diri Anda terus-menerus merasa tidak mampu, tidak dibutuhkan, atau tidak memadai.

5. Anda mengkhawatirkan segala sesuatu

Selalu khawatir akan sesuatu yang belum terjadi pada diri Anda tak akan membawa dampak positif pada kehidupan Anda. Jika ada, itu hanya akan menempatkan Anda dalam keadaan cemas terus menerus dan menahan Anda dari apa yang seharusnya benar-benar bisa Anda capai.

6. Anda tak bisa move on

Ya, Anda mungkin masih memikirkan penyebab hubungan asmara Anda berakhir atau sekadar memikirkan keputusan besar yang tak pernah Anda ambil sebelumnya. Lupakan semua itu. Sudah waktunya Anda mengistirahatkan pikiran.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
Inilah 6 Tanda Anda Terlalu Stres