Sukses

Dedi Mulyadi: Jangan Takut Menjadi Orang Miskin

Dedi Mulyadi adalah seorang Bupati Purwakarta yang berbagi kisah hidupnya dalam acara Inspirato.

Liputan6.com, Jakarta Dedi Mulyadi, urang sunda yang akrab disapa kang Dedi ini dilahirkan dari keluarga sederhana di Kampung Sukadaya, Desa Sukasari, Kabupaten Subang pada 11 April 1971. Dedi terlahir sebagai anak bungsu dari 9 bersaudara, putra pasangan Sahlin Ahmad Suryana dan Karsiti.

Ditarik jauh kebelakang dari posisinya sekarang sebagai Bupati, Dedi kecil sudah terbiasa hidup dengan penuh perjuangan dan bekerja keras. Dia sering membantu ibunya mengembala domba dan berladang.

Tampil sebagai sosok inspiratif di acara INSPIRATO Liputan6.com, Dedi membagikan kisah tentang perjuangan hidupnya di hadapan ratusan mahasiswa.

Dedi mengawali kisahnya dengan bercerita bagaimana ia menjalani hidup seperti orang desa kebanyakan. "Pagi-pagi harus bangun, bangunnya jam empat pagi. Karena apa? Karena kita harus mandi. Mandinya harus jalan kaki dulu dua kilometer," ujarnya.

"Kemudian pergi ke sekolah ketika SMP dengan menempuh jalan sepanjang dua puluh kilometer dengan menggunakan sepeda tanpa bekal uang dari rumah," ujar Dedi melanjutkan kisahnya.

Sepulang sekolah Dedi menghabiskan harinya dengan membantu orang tuanya, mulai dari mengisi tempayan sang ibu yang luar biasa besar, setelah itu ngambil kayu bakar untuk kepentingan memasak ibu, dan kemudian harus menyabit rumput untuk kepentingan dombanya.

Simak kelanjutan artikel Dedi Mulyadi: Jangan Takut menjadi Orang Miskin di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya: Rahasia Sukses Tompi Jalani Beragam Profesi. Yuk berbagi di Forum Liputan6.

Penulis

Hesti Nur Azizah - Universitas Budi Luhur

Arieska Amelia - Universitas Budi Luhur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini