Sukses

Sekolah Teladan Ini Beri Daging Babi Bagi Siswa Berprestasi

Sebuah sekolah dasar di Tiongkok memberikan hadiah daging babi kepada siswanya yang berprestasi.

Liputan6.com, Tiongkok - Masa-masa ujian sekolah memang meningkatkan stres bagi para siswa. Banyak dari mereka pun merasa kewalahan karena banyaknya bahan yang harus dipelajari sebelum ujian. Bahkan orangtua maupun guru pun memberikan tekanan kepada siswa untuk mendapatkan hasil yang baik.

Menjadi hal yang lumrah jika para orang tua akan memberikan hadiah kepada anak-anak mereka yang berprestasi dalam sekolahnya. Namun, nyatanya tak hanya orang tua. Sebuah Sekolah Dasar (SD) di Henan, Tiongkok, bahkan memberikan hadiah tak biasa kepada siswa-siswa mereka yang menjadi juara kelas.

Dilansir Shanghaiist, Jumat (27/1/2017), dalam rangka memberikan penghargaan bagi siswa terbaiknya dalam ujian akhir, pihak sekolah memberikan sekantong daging babi yang mereka bagikan sebelum liburan Festival Musim Semi.

Di tahun ini, terdapat lima siswa yang menerima hadiah tersebut. Sementara ada sekitar 12 siswa lainnya yang mendapatkan nilai sempurna di salah satu ujian.

dok: shanghaiist.com

Pihak sekolah mengklaim jika sejak adanya sistem reward untuk para siswa, hal tersebut menjadi konvensional. Bahkan beberapa sekolah setempat lainnya juga melakukan hal serupa.

Sistem pemberian hadiah kepada siswa berprestasi sebelumnya telah diterapkan sebuah sekolah di provinsi Zhejiang, Tiongkok. Mereka telah bereksperimen dengan banyak sistem yang sama dengan memberikan masing-masing 2,5 kg daging bagi kepada 45 siswa terbaik.

dok: shanghaiist.com

Kepala sekolah menjelaskan jika ia memilih daging babi sebagai hadiah karena babi itu "turun ke bumi" sehingga bisa dinikmati dengan seluruh keluarga.

Seorang siswa berprestasi di sebuah sekolah mengatakan jika awalnya orang tuanya bingung dengan hadiah pemberian sekolah, tapi kini mereka telah terbiasa dengan hal itu. Bahkan saat ini para orang tua bisa memamerkan prestasi anak mereka di sekolah dengan menunjukkan daging babi yang didapat dari sekolah.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini