Sukses

Tommy Prabowo, dari Penyiar Radio Kini Jadi Host dan MC Tenar

Liputan6.com, Jakarta Menjadi penyiar radio selalu identik dengan mendengarkan curahan hati pendengar. Bahkan seorang penyiar radio bisa jadi teman bagi banyak orang.Tak heran profesi ini banyak diinginkan oleh anak muda.

Bagi mayoritas pendengar radio di Jakarta, pasti tidak asing dengan sosok penyiar satu ini karena sejak 2006 ia setia menemani warga Jabodetabek dengan beragam program radio di MRA Broadcast Media.

Tommy Prabowo, sosok ramah dan baik hati yang biasa disebut Tommy ini sudah menjadi penyiar radio sejak 10 tahun silam. Bermula dari hobinya mendengarkan radio sejak kecil.

Tommy tertarik dengan dunia siaran. Bahkan menurutnya radio itu broadcast media yang lebih personal bisa menemani saat belajar atau saat mengemudi dan macet di jalanan. Sebagai penyiar, Tommy dituntut untuk bisa semuanya, seperti mengoperasikan alat, nyusun lagu, atur mood pendengar, menghibur pendengar, kaya wawasan, ngalahin diri sendiri jadi tidak hanya sebatas jago ngomong.

Karir di media radio ia awali sejak SMA dengan menjadi penyiar di PTPN radio solo. Honor pertama pun didapat saat itu. Meski kuliah di Bandung dan mengambil jurusan perhotelan, Tommy yakin passion di dunia broadcast itu ada. Demi mewujudkan keinginannya, tahun 2006 silam Tommy masuk di MRA Broadcast media kemudian diterima di I-Radio hingga saat ini.

Sempat menjadi Produser dan kreatif di MRA Broadcast media, Tommy mulai mendapat kesempatan untuk menjadi MC atau host. Sejak 2008 hingga sekarang menjadi penyiar, MC bahkan host untuk berbagai acara.

Bagi seorang cowok, mempertahankan itu semua tidak gampang, karena tak banyak penyiar yang bisa jadi MC atau sebaliknya belum tentu MC atau Host bisa jadi penyiar.

Beruntung dirinya menjadi salah satu yang bisa mendapatkan kesempatan tersebut, salah satu kuncinya adalah totalitas, harus selalu up to date dengan perkembangan zaman, tidak mudah bosan serta harus fleksibel dengan segala kondisi yang mungkin tidak sesuai dengan rencana awal serta jangan lupa membangun karakter sesuai dengan kelebihan diri sendiri agar bisa survive, ujarnya saat ditemui di kawasan Setiabudi.

Bekerja dengan hati, itulah gambaran yang kita lihat dari sosok Tommy, selain terbiasa mengerjakan segala urusan pekerjaan sendiri ia juga aktif menjadi MC, Host dan pengajar di MRA Broadcasting Academy.

Bagi Host atau MC biasanya hanya bertugas membawakan acara namun berbeda dengan Tommy, ia memiliki satu keharusan yang harus dilakukan sebelum membawakan acara, yakni bertemu dengan narasumber atau pengisi acara untuk menggali kedalaman materi sehingga ia menemukan hal-hal menarik yang mungkin belum diketahui orang banyak.

“Gue bukan orang terkenal, gue bukan artis tapi ketika gue ketemu mereka, mereka akan tahu siapa gue “ ucapnya di akhir interview.

 

Penulis :

Lasmie

Citizen Journalist - Sahabat Liputan 6

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.