Sukses

Kenali 5 Makhluk Bumi dengan Kemampuan Hidup Abadi

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu tahu jika di dunia ini ternyata ada beberapa makhluk yang terlahir dengan karunia luar biasa berupa keabadian. Bahkan di antara mereka, mungkin telah hidup lebih lama dibandingkan kita semua.

Makhluk-makhluk yang dapat dikatakan sebagai makhluk abadi tersebut, bahkan beberapa di antaranya terus tumbuh semakin kuat, baik itu secara fisik maupun seksual seiring dengan bertambahnya usia mereka. Apa sajakah makhluk luar biasa tersebut? Berikut ulasannya:

1 dari 6 halaman

Lobster

1. Lobster

Makhluk satu ini sering kita dapati berakhir sebagai makanan mewah. Namun ternyata lobster memiliki kemampuan luar biasa, ia akan terus tumbuh semakin kuat baik secara fisik maupun seksual sering bertambahnya usia. Ketika usia lobster semakin tua, makhluk ini justru semakin aktif secara seksual dan semakin subur. Di balik kemampuan luar biasa lobster tersebut, bukan berarti lobster tidak bisa mati. Lobster dapat terjangkit jamur, protozoa, bakteri atau virus yang dapat mengakibatkan mereka mati.

2 dari 6 halaman

Penyu dan Kura-Kura

2. Penyu dan Kura-Kura

Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui menghentikan penuaan pada titik tertentu, baik itu penyu maupun kura-kura, mereka dapat hidup selama berabad-abad. Namun sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui fakta lainnya, penyu dan kura-kura diketahui mampu menghentikan proses penuaan yang terjadi di tubuhnya, pada titik tertentu di dalam hidup mereka. Dapat dikatakan, kedua makhluk tersebut akan tetap menjadi remaja untuk jangka waktu yang cukup lama.

Kemampuan luar biasa lainnya yang dimiliki oleh makhluk ini adalah, penyu dan kura-kura dapat terus kawin selama mereka hidup dan pada betina, mereka bisa terus bertelur selama mereka masih hidup. Dengan
kata lain, mereka dapat terus kawin selama mereka menginginkannya, kecuali mereka mati. Penelitian telah menemukan bahwa kematian pada penyu, bahkan bukan disebabkan oleh usia mereka yang menjadi tua,
namun lebih sering disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

3 dari 6 halaman

Spons Laut

3. Spons Laut

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa spons hanya merupakan makhluk sederhana yang hidup dari laut. Namun faktanya mahkluk ini memiliki kemampuan yang luar biasa, karena spons laut diketahui dapat hidup
hingga usia mereka mencapai 15 ribu tahun. Pada satu spesies dari spons laut, yaitu spons kaca, mereka bahkan dianggap sebagai binatang tertua yang ada di planet bumi. Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah
berhenti berevolusi sejak 700 juta tahun yang lalu dan memutuskan untuk terus hidup dalam bentuk seperti saat ini.

4 dari 6 halaman

Paus Bowhead

4. Paus Bowhead

Paus Bowhead merupakan jenis mamalia laut yang diketahui dapat hidup selama berabad-abad, bahkan pernah ditemukan seekor paus bowhead berusi 211 tahun. Umumnya, mamalia laut diketahui mampu bertahan hidup hingga usia mereka mencapai 70 tahun.

Namun, pada 2007 lalu pemburu paus di Alaska menemukan sebuah artefak yang diketahui berasal dari sekitar tahun 1880, artefak tersebut ditemukan di dalam tubuh paus bowhead. Jika saja pemburu paus tersebut tidak membunuh hewan ini, diperkirakan hewan ini akan terus hidup dalam waktu yang cukup lama. Namun, temuan artefak pada tubuh paus bowhead tersebut menunjukkan bahwa paus bowhead dapat hidup selama lebih dari seratus tahun.

5 dari 6 halaman

Bdelloids

5. Bdelloids

Mungkin kamu belum pernah mendengar nama makhluk satu ini, bdelloids merupakan suatu jenis mikroorganisme. Meski hanya merupakan makhluk mikroorganisme, bdelloids memiliki kemampuan untuk terus hidup selama ratusan tahun. Mikroorganisme satu ini mampu memiliki jangka waktu ratusan tahun untuk hidup dengan cara mencuri potongan DNA yang berasal dari makhluk apa pun yang mereka temukan tergeletak di sekitar mereka.

Mereka tidak menjadi tua, bdelloids hanya mengganti kerusakan DNA yang terjadi pada tubuhnya dengan DNA baru yang mereka temukan. Hal tersebutlah yang membuat mereka mampu bertahan hidup dalam kondisi yang berbeda. Dengan cara hidup seperti itu, bdelloids dapat dianggap abadi. Namun ada fakta menyedihkan dari mikroorganisme satu ini, mereka diketahui tidak berhubungan seksual dalam kurun waktu 80 juta tahun.

Penulis:

Soyid Prabowo

(soy/ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Tahukah Kamu Manfaat Konsumsi Bagian Ini di Buah Pisang?
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Sukses Terima Transplantasi Penis dari Kuda