Sukses

5 Cara Alami Bersihkan Noda Membandel pada Ubin Kamar Mandi

Ternyata bahan alami yang sering kita temui di rumah bisa membersihkan noda membandel pada ubin kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki ubin kamar, toilet atau kamar mandi yang kotor memang menjadi pemandangan yang menjijikan. Selain membuat rumah kamu terlihat tak terawat, tapi juga bisa menimbulkan pertumbuhan jamur dan lumut yang membuat kondisi rumah kamu tidak sehat.

Pembersih lantai yang dijual di berbagai toko memang menjadi solusi cepat untuk membasmi kotoran mengerak pada ubin di rumah kamu. Namun, ada cara efektif membersihkan ubin secara alami tanpa menggunakan bahan kimia yang bisa merusik kulit kamu lho.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih kotoran membandel di ubin, seperti
dilansir Elitereaders, Minggu (29/1/2017):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bubuk soda kue

1. Bubuk soda kue

Baking soda menjadi salah satu bahan yang sering kita temui di dapur. Ini merupaan produk yang efektif untuk membersihkan noda -noda pada ubin.

Jika ingin menggunakannya, kamu hanya perlu mencelupkan kain atau spons ke dalam mangkuk yang berisi baking soda lalu gosokkan pada ubin hinga bersih. Kemudian perlu kamu bilas dengan menggunakan air hangat.

3 dari 6 halaman

Jus lemon

2. Jus lemon

Selain dikonsumsi, jus lemon juga biasanya sering digunakan para perempuan sebagai masker wajah yang bisa menghilangkan noda pada kulit dan bintik-bintik gelap.

Ternyata langkah tersebut juga ampuh digunakan untuk membersihkan noda pada ubin lho. Karena lemon memiliki asam dari alam sehingga membuat ubin tidak mudah berjamur.

4 dari 6 halaman

Cuka

3. Cuka

Sama seperti jus lemon, asam cuka juga menjadi salah satu pembersih alami yang paling populer karena terbukti efektif untuk membersihkan noda pada ubin.

Kamu hanya perlu mencampurkan cuka putih dan air ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan tersebut ke permukaan yang kotor dan biarkan selama beberapa menit sebelum kamu mulai menggosokkannya. Untuk menghilangkan noda mengerak, kamu bisa mengkombinasikannya dengan baking soda.

5 dari 6 halaman

Garam

4. Garam

Garam yang sering kita lihat di dapur ternyata bisa membuat ubin di rumah kamu bersih. Siapkan spons dan kain basah sambil menaburi garam pada ubin yang kotor, Biarkan selama beberapa menit sebelum menggosok dan diamkan selama semalaman untuk kemudian kamu bersihkan hari berikutnya.

6 dari 6 halaman

Hidrogen peroksida

5. Hidrogen peroksida

Ketika kamu tidak bisa mendapatkan pembersih lantai di toko, kamu bisa gunakan hidrogen peroksida dapat membersihkan noda membandel pada ubin.

Kamu hanya perlu mencampur hidrogen peroksida dan tepung putih yang memiliki pasta tebal untuk diterapkan pada daerah-daerah yang kotor. Lalu tutup dan biarkan semalaman sebelum dibilas dengan air dingin pada hari berikutnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini