Sukses

Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Bukti Nyata Kehidupan di Sana?

Pada 2007 silam para ahli astronomi dikejutkan dengan munculnya sinyal radio cepat nan misterius.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2007 silam para ahli astronomi dikejutkan dengan munculnya sinyal radio cepat nan misterius. Gelombangnya sangat singkat, namun juga kuat dan datang dari luar angkasa. Mendorong para ilmuwan untuk mencari lebih jauh, dari mana sinyal ini berasal?

Sinyal radio cepat (fast radio bursts) yang sangat enerjik ini hanya berlangsung seperseribu detik. Semburannya telah direkam oleh teleskop di seluruh dunia. Tetapi Observatorium Arecibo di Puerto Rico saja yang menerimanya berulang-ulang kali. Dari sinilah penelitian mulai mendapat titik terang.

"Kita sekarang tahu bahwa sinyal ini berasal dari sebuah galaksi kerdil yang berjarak tiga miliar tahun cahaya dari bumi," kata astronom Shami Chatterjee dari Cornell University, dilansir USA Today.

Para ilmuwan kini juga tahu bahwa sinyal ini berasal jauh di luar galaksi Bima Sakti kita.

Galaksi kurcaci ini besarnya hanya kurang dari 1% dari massa galaksi Bima Sakti. Inilah yang membuatnya jadi sangat janggal.

"Hal ini mengejutkan karena sumbernya berasal dari galaksi yang biasa-biasa saja dan tidak terprediksi oleh kita sebelumnya," papar Joan Schmelz dari Observatorium Arecibo.

Meski sudah diketahui dari mana sinyal ini berasal, para peneliti mengakui masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Seperti mencari tahu dari perangkat apa sinyal ini diciptakan. Lebih penting lagi, siapa yang mengirimkannya?

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.